Apakah Google Pernah Down?

Apakah Google Pernah Down?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 27 Sep 2020 15:25 WIB
A woman holds her smart phone which displays the Google home page, in this picture illustration taken February 24, 2016. A U.S. Jury handed Google a major victory May 26, 2016 in a long-running copyright battle with Oracle Corp over Android software to run most of the worlds smartphones.  REUTERS/Eric Gaillard/Illustration/Files     TPX IMAGES OF THE DAY
Apakah Google pernah down? Foto: Reuters
Jakarta -

Google merayakan ulang tahun yang ke-22 dan berhasil menjadi perusahaan teknologi raksasa. Yang hebatnya, search engine dari perusahaan ini dikenal hampir tidak pernah down.

Faktanya, Google pernah mengalami down beberapa kali. Contohnya adalah yang terjadi pada 2013, di mana Google sempat down selama lima menit. Efeknya pun luar biasa.

Menurut perusahaan analitik web, GoSquared, kejadian ini mempengaruhi penurunan sebesar 40% dari trafik internet dunia! Dari sini sangat terlihat bagaimana besarnya ketergantungan orang-orang terhadap Google. Saat itu, semua layanan Google tidak tersedia selama lima menit termasuk Google Search, YouTube, dan juga Google Drive. Kejadian serupa pernah terjadi pada 2009.

Dari kejadian blackout 2013, Google mengalami kerugian mencapai £330.000 atau sekitar Rp 6,2 miliar -- cukup drastis untuk kurun waktu lima menit.

Begitu juga di 2019, berdasarkan pantauan di situs Down Detector, layanan Gmail juga sempat error. Pengguna tidak bisa mengirim dan menerima e-mail tepatnya pada Jumat (16/8/2019).

Yang terbaru adalah down-nya layanan Google Meet, Google Drive, Google Docs, Google Analytics, Google Classroom dan Google Calendar. Tentu ini membuat banyak orangtua dan murid yang menjalankan aktivitas belajar online menjadi pusing dan terganggu. Anak-anak yang tengah sekolah online pun kebingungan.

Berdasarkan laporan di situs DownDetector, layanan Google terlihat down di Indonesia, Singapura, Amerika Serikat, Australia, Jepang dan beberapa negara Amerika Selatan. DownDetector mencatat keluhan tentang tumbangnya layanan Google mulai terlihat pada pukul 07.48 WIB pagi ini, memuncak pada pukul 08.03 WIB.

Hmm nggak kebayang deh kalau Google tumbang dalam waktu yang lama, pastinya bakal bikin pusing banget ya, detikers.



Simak Video "Batal Dibatasi 1 Jam, Video Call Google Meet Masih Gratis 24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/asj)