Blibli Ajak Pelanggan Cintai Bumi, Sarankan Produk Ramah Lingkungan

Blibli Ajak Pelanggan Cintai Bumi, Sarankan Produk Ramah Lingkungan

Abu Ubaidillah - detikInet
Jumat, 25 Sep 2020 16:47 WIB
Kardus ramah lingkungan Blibli.com
Foto: dok. Blibli.com
Jakarta -

Blibli meluncurkan halaman khusus #BlibliCintaBumi untuk melanjutkan inisiatif kampanye #BlibliCintaBumi. Melalui halaman khusus ini, para pelanggan bisa mendapatkan informasi yang lengkap mengenai latar belakang, tujuan, dan benefit para pelanggan yang turut menjalankan aksi cinta bumi.

Program #BlibliCintaBumi dibuat untuk mengedukasi karyawan dan mengajak pelanggan Blibli mulai menjalankan gaya hidup peduli lingkungan dalam mendukung kelangsungan lingkungan hidup Indonesia yang sehat dan bersih.

Di halaman #BlibliCintaBumi, terdapat kurasi produk ramah lingkungan yang terdiri dari beberapa produk dari kategori galeri Indonesia, home & living, kesehatan dan kecantikan, fashion wanita, fashion pria, olahraga & aktivitas ruang, serta ibu & anak. Kurasi produk ini dilakukan untuk memudahkan pelanggan memilih produk ramah lingkungan.

Vice President (VP) of Business Development Blibli dan Project Lead dari inisiatif Blibli Cinta Bumi, Stephanie Santoso mengatakan tujuan Blibli menyediakan halaman khusus dan kurasi produk #BlibliCintaBumi adalah untuk mengajak pelanggan turut bergabung dalam gerakan mewujudkan Indonesia bebas polusi plastik pada 2050.

"Selain itu kami juga mengajak para mitra seller untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan dapat memproduksi produk-produk yang ramah lingkungan ke depannya," ujar Stephanie dalam keterangan tertulis, Jumat (25/9/2020).

Selain melibatkan pelanggan, Blibli juga mengajak karyawan mengumpulkan dan mengembalikan kardus bekas Blibli yang mereka terima dari hasil berbelanja di Blibli. Kardus bekas ini bisa diberikan melalui kurir Blibli Express Service (BES) pada saat mereka mengantar barang pesanan kepada pelanggan atau melalui #BlibliCintaBumi Collection Boxes yang tersebar di Jabodetabek.

Kardus yang telah dikumpulkan nantinya akan dikelola oleh Blibli untuk didaur ulang menjadi filler material yang bisa dijadikan sebagai bahan pengganti plastik bubble wrap untuk membungkus produk-produk yang dibeli di Blibli.

Pelanggan yang ingin melakukan drop off langsung dari kardus-kardus bekas Blibli bisa menemukan #BlibliCintaBumi Collection Boxes pada beberapa titik di Jakarta, seperti Gedung Sarana Jaya, Jakarta Pusat; KS Tubun, Jakarta Barat; Cawang, Jakarta Timur; WTC Mangga Dua, Jakarta Utara; dan Serpong, Tangerang.

Hingga saat ini, tercatat lebih dari 5.000 pelanggan dari beberapa daerah di Jabodetabek yang turut berpartisipasi dalam mengumpulkan kardus bekas Blibli yang diberikan melalui kurir BES. Melihat antusiasme masyarakat ini, Blibli akan terus mengembangkan inisiatif agar bisa bermanfaat untuk semua pihak ke depannya.

Stephanie mengatakan Blibli tidak hanya mendorong keinginan pelanggan untuk berkontribusi, karyawan Blibli juga diajak untuk berperan besar dalam kampanye #BlibliCintaBumi bukan hanya dalam mengumpulkan kardus bekas Blibli, tapi juga menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan bekerja.

"Sebagai contoh, kami menyediakan tanaman-tanaman pada beberapa titik pada area kantor Blibli untuk dapat dirawat oleh para karyawan Blibli. Kami juga mengajak karyawan untuk memiliki perilaku yang lebih peduli pada penggunaan energi yang secukupnya. Diantaranya menempelkan stiker 'matikan lampu' di setiap sakelar di area bekerja karyawan Blibli," lanjut Stephanie.

Stephanie mengatakan pihaknya senang melihat respons positif dari pelanggan terhadap kampanye #BlibliCintaBumi. Ia berharap program ini bisa diterima dan dijalankan lebih luas lagi oleh semua lapisan masyarakat sehingga cita-cita bersama dalam mewujudkan Indonesia bebas polusi plastik pada 2050 bisa terwujud.



Simak Video "Menteri Teten Minta E-Commerce Sediakan Laman Khusus Produk UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)