Aktivitas Paling Berisiko Terkena Virus Corona

Aktivitas Paling Berisiko Terkena Virus Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 25 Sep 2020 14:43 WIB
Inggris kemungkinan akan memberlakukan kembali lockdown ketika lonjakan kasus harian di negara tersebut mencapai 6.000 kasus dalam 24 jam.
Ilustrasi. Foto: AP/Frank Augstein
Jakarta -

Virus Corona mengintai di banyak tempat. Nah, kegiatan apa saja yang paling berpotensi tinggi terkena virus yang masih belum dapat dikendalikan itu?

Para dokter di Texas Medical Association (TMA) telah mendaftar hampir semua aktivitas sehari-hari orang, dan memberi peringkat dari yang berisiko paling besar terkena Corona sampai yang berisiko paling rendah.

Aktivitas ini hampir semuanya terjadi di luar rumah. Terdapat lima kategori risiko di daftar TMA tersebut, dipilah dari yang paling besar sampai terkecil sesuai dengan penelitian mereka.

Risiko terkecil adalah membuka surat, diikuti oleh menerima makanan takeout dari restoran, mengisi bensin, bermain tenis dan terakhir berkemah.

Adapun risiko low-moderate atau agak kecil adalah belanja kebutuhan pokok, berjalan, berlari atau bersepeda dengan orang lain, bermain golf sampai berjalan di pusat kota.

Aktivitas rentan coronaAktivitas rentan corona. Foto: Mirror

Adapun risiko tertinggi kena virus Corona yang mendapatkan angka 9 dari skala 1 sampai 10 adalah pergi ke bar, menghadiri ibadah dengan lebih dari 500 orang, pergi ke stadion, mendatangi konser besar.

Selanjutnya dengan angka 8 risiko tinggi adalah pergi ke bioskop, pergi ke taman hiburan, olahraga di tempat kebugaran, dan makan di tempat di restoran buffet.

Untuk menurunkan risiko, orang disarankan serius menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, rutin mencuci tangan dengan sabun atau melumuri dengan hand sanitizer.

Ketika dimintai tanggapannnya soal daftar tersebut, Dr Simran Deo yang dikutip detikINET dari Mirror mengemukakan beberapa saran. "Jika misalnya ingin ke bar, teraman ya di luar saja. Tapi baik outdoor maupun indoor, Anda harus berada satu meter dari yang lain," cetusnya.

Jika di restoran, jangan pindah-pindah dari meja dan selalu rajin menggunakan hand sanitizer. Kemudian jika membawa makanan pulang, pembungkusnya harap segera dibuang untuk meminimalisir risiko terpapar virus Corona.



Simak Video "Sebaran Kasus Aktif Corona RI Per 4 Oktober, Terbanyak di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)