Jadi YouTuber Tenar Berkat Hobi Hancurkan Ponsel

Jadi YouTuber Tenar Berkat Hobi Hancurkan Ponsel

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 23 Sep 2020 08:16 WIB
Jerry Rig Everything
Jerry Rig Everything. Foto: Instagram
Jakarta -

Jerry Rig Everything, demikian nama salah satu channel terkenal di YouTube yang membahas soal gadget. Meraup lebih dari 6 juta follower, review di situ memang unik karena bukan soal software atau hardware ponsel, melainkan ketahanan bodi saat disiksa.

Pengelolanya, sang pria berkepala pelontos, adalah Zack Nelson yang berasal dari Utah, Amerika Serikat. Menilik riwayat hidupnya, Nelson suka memperbaiki atau membangun sesuatu. Dia pernah kerja sampingan membangun konstruksi ataupun komputer.

Nah 7 tahun silam, dia iseng memvideokan saat memperbaiki mobil Jeep-nya yang rusak. "Bengkel ingin USD 1.000, aku bisa memperbaiki sendiri dengan USD 80, jadi aku memvideokannya," cetus Nelson yang dikutip detikINET dari East Idaho News.

Sejak itulah, dia konsisten memposting video ke YouTube walaupun belum menghasilkan uang dan tidak banyak yang menyaksikan. "Lambat untuk beberapa tahun pertama. Kupikir sekitar 2.000 subscriber setelah membuat 100 video," kisahnya.

Saat itu, pekerjaan utamanya adalah di toko ponsel. Dua tahun setelah memulai channel-nya, toko itu tutup, Nelson diberhentikan dengan pesangon 4 bulan gaji. Dia pun memutuskan sepenuhnya jadi YouTuber.

"Jadi aku bekerja keras di YouTube dan setelah 4 bulan, ketika pesangonku habis, aku menyadari YouTube ini bisa jadi bisnis," tutur Nelson.

Jerry Rig EverythingJerry Rig Everything dan istrinya. Foto: Instagram

Pemirsanya makin banyak dan videonya pun beragam. Akhirnya, Nelson lebih fokus pada video yang menunjukkan dirinya menguji ketangguhan ponsel, dari digores, ditekuk sampai dijatuhkan. Salah satu videonya, tes menggores iPhone 7, disaksikan 17 juta kali.

"Tiap orang punya ponsel dan ingin melihat apakah kuat atau tidak," sebut Nelson. Walau sudah populer, Nelson terus konsisten memposting video dua atau tiga kali seminggu.

Sebagai penyegaran, Nelson kadang menampilkan istrinya, Cambry Kaylor, yang dinikahinya tahun silam. Kaylor menderita cacar kaki dan Nelson membuatkan perangkat untuk memudahkan istrinya itu, misalnya kursi roda listrik. Tayangan tentang itu pun jadi hits di YouTube Nelson.

Konon, Nelson sudah mengumpulkan USD 2 juta dari channel-nya. Ia pun memberi saran bagi para YouTuber pemula. "Hal terbesar adalah konsistensi. Sekali kalian sudah punya 100 atau 200 video YouTube, kalian mulai mendapat audiens. Itulah ketika orang mulai memperhatikan apa yang kalian lakukan. Kalian hanya harus konsisten," sarannya.



Simak Video "Tanpa Gimik Sensasi, Cara 'Frost Diamond' Gaet Jutaan Penonton di YouTube!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)