Tiga Tahun TikTok di Indonesia, Apa Saja yang Pernah Ngetren? - Halaman 2

Tiga Tahun TikTok di Indonesia, Apa Saja yang Pernah Ngetren?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 21 Sep 2020 20:50 WIB
TikTok Sebut Hapus 380.000 Video dari AS Terkait Ujaran Kebencian dan Rasisme
Foto: DW (News)

Dari "Lathi" hingga lagu KPopVideo klip "Lathi" dari Weird Genius ternyata menginspirasi para kreator untuk merekonstruksi adegan transisi di video tersebut menjadi versi mereka sendiri, yang akhirnya membuat lagu ini menjadi salah satu yang paling populer di TikTok.

Lagu "Bagaikan Langit" dari Potret juga kembali terkenal setelah ramai dipadukan dengan fitur Focus on Me, dan menjadi tren di kalangan kreator luar negeri, termasuk Howie Mandel dan akun resmi NBA. Lagu K-Pop seperti "Anysong" dari ZICO dan "How You Like That" dari Blackpink juga menempati posisi teratas, dilengkapi dengan berbagai konten kreatif dari kreator dalam negeri.

Kebersamaan di tantangan #SamaSamaBelajarPandemi yang menyebabkan semua orang harus tetap di rumah tidak menyurutkan kreativitas pengguna untuk menciptakan berbagai konten.

Tantangan #SamaSamaBelajar pun menjadi tren tersendiri dengan munculnya konten yang memberikan beragam tips, mulai dari cara mengerjakan soal matematika, trik fotografi dan video, hingga belajar bahasa asing. Tantangan seperti #wipeitdown dan #passthebrush juga ramai diikuti dan dikembangkan para kreator, memperlihatkan kreativitasnya.

Diam di rumah juga nampaknya membuat para kreator senang berbagai pengetahuan dan skillnya, menjadikan konten edukasi sebagai salah satu konten yang paling banyak diunggah di TikTok. Contohnya adalah kopi dalgona, yang berawal dari unggahan resep kreator, kopi ini pun ramai dicoba oleh banyak orang dan dinobatkan sebagai kopi TikTok.

"Para kreator hingga musisi berangkat dari platform yang sama, yaitu TikTok, dan berhasil mengubah kehidupan mereka dan orang-orang sekitar mereka melalui kreativitas serta bakat yang mereka miliki. Kami berharap ke depannya, TikTok tidak hanya tetap menjadi wadah yang menginspirasi tetapi juga menciptakan tren tidak hanya di Indonesia tetapi juga mencapai benua lain." kata Fandhy Thesia, Marketing Manager TikTok Indonesia.

(asj/fay)