Putri Tanjung dan Menkop UKM Cari Pahlawan Digital UMKM

Putri Tanjung dan Menkop UKM Cari Pahlawan Digital UMKM

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 21 Sep 2020 16:00 WIB
Putri Tanjung resmi ditunjuk menjadi salah satu staf khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi). Senyum menghiasi bibirnya saat diperkenalkan sebagai Stafsus Jokowi.
Putri Tanjung dan Menkop UKM Teten Masduki mencari inovator di bidang digital UMKM untuk mendorong perekonomian (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

UMKM menjadi tulang punggung dari perekonomian bangsa Indonesia. Namun, diperlukan pemanfaatan digital untuk membangun moda perekonomian menjadi lebih baik.

Hal ini yang membuat Putri Tanjung maju menjadi penggagas 'Pahlawan Digital UMKM' dan melakukan upaya brainstorm dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Dalam siaran langsung di YouTube Kementerian Koperasi dan UKM, mereka pun membahas upaya mereka mencari inovator-inovator andal anak bangsa.

"Banyak sekali anak muda yang membantu, UMKM indonesia membutuhkan lagi inovasi digital, kami mencari inovator-inovator untuk mengembangkan UMKM-UMKM di Indonesia," kata Putri Tanjung.

Dari 126 inovator, akhirnya terpilih 30 inovator untuk mendapatkan pelatihan atau booth camp pada 23 September - 9 Oktober 2020 dengan sharing session dari Grab, Shopee, dan masih banyak lainnya. Kemudian masuk ke babak 20 besar, mereka yang terpilih akan menjalani pitching. 10 besar yang terpilih akan menjadi partner Kemenkop UKM.

Teten Masduki selaku Menkop UKm menuturkan bahwa apa yang sudah mereka lakukan untuk mencari pahlawan Digital UMKM adalah hal yang luar biasa. Ia mengatakan sangat optimis dengan inovasi dari putra-putri Tanah Air.

"Ini luar biasa, ini saya gagas bersama Putri, kita optimistis banyak anak muda yang punya inovasi digital yang luar biasa karena saya yakin anak-anak kita itu cerdas, dan UMKM butuh mereka untuk akses ke market, pengelolaan biaya, meningkatkan kapasitas, sampai akses supply bahan baku, karena itu kita menyebut mereka pahlawan," ucapnya.

Dari proses yang masih terus berjalan, Teten dan Putri senada mengungkapkan 30 inovator ini kebanyakan berasal dari luar DKI Jakarta dan memberikan tawaran untuk membantu penyelesaian masalah UMKM sehari-harinya.

"Aku selalu percaya 'the power of anak bangsa', anak bangsa seperti 30 inovator UMKM ini punya kesamaan; mereka punya inovasi yang luar biasa, kreativitas yang luar biasa, dan enterpreneurship mindset. Dari sekian banyak masalah, mereka bisa memberikan solusi, dan kita tidak bisa melakukan ini semua tanpa kolaborasi, dengan Grab dan Shopee, dan lainnya," tandas Putri.



Simak Video "Dicari! Pahlawan Digital UMKM Andalan Teten Masduki dan Putri Tanjung"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)