Pandemi Jadi Momen Lahirnya Banyak Startup Besar

Pandemi Jadi Momen Lahirnya Banyak Startup Besar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 19 Sep 2020 17:52 WIB
Ilustrasi startup
Pandemi Jadi Momen Lahirnya Banyak Startup Besar Foto: Oli Scarff/Getty Images
Jakarta -

Pandemi virus Corona membawa banyak pengaruh bagi kehidupan masyarakat dan bisnis di Indonesia. Termasuk kehidupan dan masa depan startup di Tanah Air.

Head of Strategic Investments Telkomsel Nazier Ariffin mengatakan setelah selesainya pandemi justru akan menjadi momen yang tepat untuk munculnya startup dan perusahaan besar.

"Tahun 2008 waktu ada krisis di AS, tahun 2003 tadi kata mas William (Tanuwijaya-red) ada SARS di China, that's the beginning of every good companies yang kejadian," kata Nazier dalam acara Wisuda Online MAXStream, Sabtu (19/9/2020).

"Bayangin dulu 2008 itu ada Instagram, ada WhatsApp, ada Uber. Biasanya dari habis pandemi itu new startup justru berkeliaran dan banyak banget," sambungnya.

Menurut Nazier, startup yang bisa sukses di tengah pandemi adalah yang berani untuk mencoba, tidak takut gagal dan bisa bergerak cepat. Ia mengatakan startup yang takut mencoba dan memilih main aman nantinya justru ketinggalan.

Nazier mengatakan masa pandemi seperti ini justru dimanfaatkan Telkomsel untuk berinvestasi dan bekerjasama dengan startup. Sejak tahun lalu, provider plat merah ini memang telah berinvestasi ke perusahaan teknologi.

Masa pandemi justru dilihat Nazier sebagai waktu yang tepat bagi Telkomsel untuk berinvestasi di perusahaan teknologi. Dalam tiga bulan terakhir, Telkomsel sudah bekerjasama dengan tiga startup baru.

"Pandemi ini justru membuka tabir-tabir kepalsuan. We know exactly which company yang fundamentalnya bagus," pungkasnya.



Simak Video "Sebaran Kasus Aktif Corona RI Per 4 Oktober, Terbanyak di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)