Kenalkan, Sultannya Asia Masuk 10 Orang Terkaya di Dunia

Kenalkan, Sultannya Asia Masuk 10 Orang Terkaya di Dunia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 06 Sep 2020 06:06 WIB
Mukesh Ambani, India
Mukesh Ambani sultannya Asia. Foto: Reuters
Jakarta -

Siapa sultannya Asia? Jack Ma? Salah, orang terkaya di Asia saat ini dipegang oleh pria asal India Mukesh Ambani.

Mau tahu total kekayaannya? Siap-siap terkejut, menurut perhitungan real-time dari Forbes untuk hari ini, Mukesh Ambani menduduki peringkat ke-7 di dunia dengan kekayaan bersih USD 80,3 miliar atau sekitar Rp 1.181 triliun.

Harta ini didapatkan dari usahanya sebagai chairman dan pemegang saham terbesar untuk Reliance Industries. Reliance Industries itu sendiri mengurusi banyak bidang, salah satunya pengembangan 5G lewat anak industrinya, Jio.

Jio pun punya ambisi kuat untuk urusan teknologi dengan tekad menjadikan India '2G-mukt' (bebas dari 2G) guna mempercepat perpindahan 350 juta warga India yang masih menggunakan 2G ke smartphone terjangkau mengingat India sudah maju dalam mengembangkan 5G.

"Ada banyak fitur ponsel yang ditunggu-tunggu pengguna, untuk meningkatkan ponsel yang konvensional, jika memang ada yang terjangkau. Jadi kami menyanggupi tantangan ini. Kami percaya kami bisa mendesain entry-level 4G bahkan smartphone 5G," ucapnya sebagaimana dikutip dari Times of India.

Tak hanya itu, Ambani mengumumkan Jio bekerjasama dengan Google untuk membangun operating system berbasis Android. Itu berarti Ambani dan tim tidak pernah main-main untuk mewujudkan cita-cita India bebas 2G.

Mengenai latar belakang edukasi Ambani, ia dikenal sebagai sosok yang pintar dan masuk universitas terbaik dengan jurusan Chemical Engineering dari Institute of Chemical Technology. Ia melanjutkan studi di Stanford University untuk gelar MBA namun memutuskan keluar untuk membantu sang ayah membangun Reliance yang justru membawanya jadi orang terkaya se-Asia.

Simak juga video 'Warren Buffett, Orang Terkaya Dunia yang Senang Berdonasi':

[Gambas:Video 20detik]



(ask/rns)