Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Mahasiswa untuk anak UI dan IPB

Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Mahasiswa untuk anak UI dan IPB

Rosmha Widiyani - detikInet
Sabtu, 05 Sep 2020 15:25 WIB
belajar online
Foto: shutterstock/Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Mahasiswa untuk anak UI dan IPB
Jakarta -

Bantuan kuota gratis internet dari pemerintah dan pihak universitas menjadi angin segar bagi mahasiswa. Para mahasiswa tak perlu khawatir gagal mengikuti perkuliahan online karena keterbatasan kuota internet.

Sebelumnya dalam surat edaran 821/E.E1/SP/2020, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah menetapkan aturan tentang kuota gratis internet. Mahasiswa yang ingin mendapatkan bantuan tersebut harus terdaftar dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti).

Tiap perguruan tinggi kemudian memiliki mekanisme sendiri untuk melakukan pembaruan data nomor handphone mahasiswa dalam PD Dikti. Universitas juga punya cara berbeda menyosialisasikan pada mahasiswa soal bantuan kuota gratis internet.

Untuk mahasiswa Universitas Indonesia (UI), mekanisme kuota internet gratis bisa dilihat di Instagram univ_indonesia. Mahasiswa wajib melakukan update nomor handphone di Sistem Informasi Akademik NextGeneration UI (SIAK NG) paling lambat 9 September 2020.

Berikut cara mendapatkan kuota gratis internet mahasiswa UI:

1. Pastikan nomor handphone masih berlaku

2. Data nomor handphone yang benar sudah diupdate di SIAK NG pada situs akademik.ui.ac.id pada Isian Data Mahasiswa (IDM)

3. Tidak ada kesalahan pengisian nomor handphone

4. Nomor handphone dapat menerima kiriman kuota

5. Mahasiswa status aktif yaitu tidak cuti dan Isian Rencana Studi (IRS) terisi pada tahun berjalan.

Terkait bantuan kuota gratis internet untuk mahasiswa dari perkuliahan, salah satu yang memberikan adalah Institut Pertanian Bogor (IPB). Mekanisme pemberian kuota internet gratis untuk semester genap 2020 bisa dilihat di situs Subdirektorat Kesejahteraan Mahasiswa IPB.

"Bagi mahasiswa yang belum mendapat kuota gratis internet semester genap TA 2019/2020 karena tidak memasukkan nomor rekening atas nama sendiri (misal nomor rekening orang tua), silakan bisa lengkapi dokumen berikut," tulis situs tersebut.

Dokumen yang dimaksud adalah:

1. Fotokopi halaman depan rekening mitra IPB, yaitu BNI Konvensional, BNI Syari'ah, BRI Konvensional, Mandiri, BSM, BTN, BJB, Mega Syari'ah, dan Muamalat

2. Fotokopi Kartu Keluarga

3. Surat pernyataan bermaterai 6000 yang menyatakan rekening benar atas nama orangtua dan Saudara dengan sadar memberikan kuasa kepada IPB untuk mentransfer bantuan kuota internet ke rekening tersebut dengan format bebas

4. Ketiga dokumen dikirimkan pada Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir Institut Pertanian Bogor, dengan alamat kampus IPB Dramaga

5. Bukti resi pengiriman dikonfirmasi pada email ditmawapk@apps.ipb.ac.id.



Simak Video "Jangan Coba-coba Salah Gunakan Kuota Internet Gratis dari Kemdikbud!"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)