4 Aplikasi Hits Buat Chat Zaman Dulu, Apa Kabarnya Sekarang?

4 Aplikasi Hits Buat Chat Zaman Dulu, Apa Kabarnya Sekarang?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 25 Agu 2020 10:41 WIB
Yahoo Messenger
Aplikasi yang pernah hits, termasuk Yahoo! Messenger. Foto: istimewa
Jakarta -

Zaman dulu, internet belum berkembang sepesat sekarang. Chat pun masih dalam bentuk sederhana menggunakan aplikasi seperti Yahoo.

Selain Yahoo! Messenger, kamu mungkin mengenal nama lainnya. Terus, apa kabar aplikasi chatting yang dulu pernah hits?

1. Yahoo! Messenger

Yahoo! Messenger resmi ditutup pada tahun 2018. Di tahun yang sama, Yahoo mengeluarkan aplikasi messaging lain yakni Yahoo Together. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim yang dulunya juga mengurus Yahoo! Messenger. Sama dengan pendahulunya, untuk mengakses Yahoo Together harus menggunakan akun Yahoo.


2. Mig33

Aplikasi Mig33 mirip-mirip dengan aplikasi messaging lainnya. Pengguna bisa mencari teman, membuat grup dan interaksi lainnya. Namun Mig33 kalah saing dengan layanan pesan seperti WhatsApp dan LINE. Akhirnya, Mig33 tampil dengan style baru bernama Migme di tahun 2014, tetapi popularitas aplikasi tersebut tampak sulit menyalip aplikasi chat lainnya.

3. mIRC

'ASL PLS', kalau nggak paham istilah ini maka fix kamu bukan pengguna mIRC sejati. Sayangnya, keseruan bergaul dengan teman dari penjuru kota di aplikasi ini sudah tidak bisa dinikmati sejak 2010 dan tidak diketahui kenapa. Hmm mungkin kalah bersaing dengan aplikasi lain yang sudah lebih populer.


4. eBuddy

Di era 2000-an, banyak anak SMP-SMA yang keranjingan main eBuddy. eBuddy mendukung beragam layanan pengiriman pesan instan, di antaranya Yahoo! Messenger, Google Talk, Windows Live Messenger, AIM, dan ICQ.

Tapi seiring berjalannya waktu, eBuddy juga kalah pamor dengan BBM yang ditawarkan untuk pengguna Blackberry.

Kira-kira, aplikasi zaman dulu mana nih yang belum detikINET sebutkan, detikers? Coba tulis di kolom komentar ya!



Simak Video "YM Akan Pensiun, Yahoo Mail Segera Update Versi Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)