Link Download Kalender Indonesia Lengkap Hijriah 2020 untuk Android dan iOS

Link Download Kalender Indonesia Lengkap Hijriah 2020 untuk Android dan iOS

Rosmha Widiyani - detikInet
Selasa, 18 Agu 2020 14:44 WIB
Couple of glowing Moroccan ornamental lanterns on the table. Greeting card, invitation for Muslim holy month Ramadan Kareem, festive blue night background with glittering golden bokeh lights.
Link Download Kalender Indonesia Lengkap Hijriah 2020 untuk Android dan iOS (Foto: iStock)
Jakarta -

Pada Kamis, 20 Agustus 2020 nanti umat Islam akan memasuki tahun baru 1442 hijriyah. Banyak umat Islam mencari kalender Indonesia lengkap hijriah 2020 sebagai salah satu panduan agar khusyuk dalam beribadah. Selain kalender dalam bentuk fisik atau hardcopy, ada sebagian yang ingin mengdownload saja melalui android atau iOS.

Kalender Hijriah terdiri dari 12 bulan dengan durasi setiap bulannya 29 sampai 30 hari, kecuali Dzulhijjah yang merupakan hasil siklus 30 tahun. Kalender hijriah digunakan umat Islam salah satunya sebagai panduan dalam penentuan hari besar. Misalnya awal Ramadhan, perayaan Idul Fitri, dan Idul Adha.

Sistem penanggalan Islam dibuat berdasarkan peredaran bulan mengelilingi bumi, berbeda dengan kalender masehi yang digunakan masyarakat umum. Penanggalan masehi dibuat berdasarkan periode bumi mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya.

Berikut link download Kalender Hijriah 2020 dan aplikasinya untuk Android dan iOS:

1. Link download Kalender Hijriah 2020

Bagi yang ingin mengunduh Kalender Hijriah 2020 bisa mengakses situs Pimpinan Wilayah NU atau PWNU Jawa Timur. Kalender Hijriah 2020 dikeluarkan Lembaga Falakiyah NU Jawa Timur di link https://pwnujatim.or.id/wp-content/uploads/2019/08/Kalender-2020-PWNU-Jatim.pdf.

Kalender Hijriah 2020 hanya memuat informasi penanggalan Islam hingga 2020 berakhir. Informasi dalam kalender mengingatkan pentingnya rukyat untuk menjamin kebenaran penanggalan. Selain penanggalan Islam, kalender juga berisi informasi perkiraan terjadinya peristiwa astronomis.

2. Aplikasi Kalender Hijriah 2020 untuk android

Kalender Hijriah 2020 tentunya bisa dilihat di beberapa aplikasi untuk gadget berbasis android. Berikut contohnya:

a. Kalender Hijriah-Islam

Aplikasi ini menyediakan Kalender Islam serta mengkonversi sistem penanggalan Hijriah dan Masehi bagi penggunanya. Kalender ini menekankan pentingnya rukyatul hilal untuk menjamin ketepatan awal dan akhir bulan dalam penanggalan Islam.

b. Islamic Calendar (Hijri)

Selain Kalender Islami, aplikasi juga menyediakan konversi kalender Masehi dan Hijriah termasuk hari raya bagi para muslim. Fitur tambahan lain adalah jadwal sholat, puasa, arah kiblat, dan Asmaul Husna yang membantu tiap muslim lebih dekat dengan Allah SWT.

c. Kalender Hijriah-Masehi

Layanan utama dalam aplikasi ini adalah sistem penanggalan Islam serta konversi Kalender Hijriah dan masehi. Fitur lain yang tersedia untuk para muslim adalah panduan dan jadwal sholat, puasa, zakat, haji dan umroh, serta Al Quran 30 juz.

3. Aplikasi Kalender Hijriah 2020 untuk iOS

Untuk pengguna gadget berbasis iOS tentunya bisa mendownload berbagai aplikasi Kalender Hijriah 2020 yang tersedia di Apple Store. Dikutip dari situs ilmfeed, pengguna iOS juga bisa menggunakan Kalender Hijriah tanpa mengunduh aplikasinya lebih dulu. Berikut caranya:

1. Buka menu Settings di iPhone atau iPad

2. Klik Mail, Contacts, Calendars

3. Selanjutnya, klik menu Alternate Calndars di bawah menu Calendars

4. Pilih Islamic jika ingin menggunakan Kalender Hijriah atau sistem penanggalan lain yang tersedia

5. Perubahan akan terlihat pada kalender yang digunakan.



Simak Video "Perayaan 1 Suro Warga Tionghoa Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)