Para Robot di Klaten 'Gelar' Upacara Bendera Sambut HUT RI

Para Robot di Klaten 'Gelar' Upacara Bendera Sambut HUT RI

Achmad Syauqi - detikInet
Kamis, 13 Agu 2020 14:47 WIB
Robot upacara
Anak LKP dan robotnya ikut upacara bendera. Foto: Achmad Syauqi detikcom
Klaten -

Peringatan HUT kemerdekaan RI ke 75 tak hanya disambut meriah masyarakat tapi juga para robot. Di Klaten para robot 'menggelar' upacara bendera memperingati dirgahayu RI di tengah pandemi COVID.

"Kami melakukan upacara robot untuk memperingati HUT kemerdekaan RI ke 75. Dan mengucapkan selamat dirgahayu Republik Indonesia," Ungkap Direktur LKP Autobot School, Agur Yake Mulia, Kamis (13/8/2020) siang di kampus LKP Jalan Kopral Sayom, Klaten Utara.

Agur menjelaskan robot yang ikut upacara merupakan robot hasil karya siswa. Sebab di tengah pandemi COVID-19, mereka tidak bisa melakukan upacara di sekolah.

"Robot ini hasil karya siswa. Sebab tidak bisa upacara maka dilakukan upacara sehingga siswa tetapi bisa memaknai setiap momen kemerdekaan RI," lanjut Agur.

Robot yang ikut ada lima. Semuanya dibuat dan disetel selama tiga minggu. "Ini kami buat selama tiga minggu. Mereka kami ajak berkreasi membuat robot, ada empat siswa yang ikut serta dan dibimbing lima guru," ucap Agur.

Robot yang ikut serta, imbuh Agur ada yang dibuat dari lego dan robot humanoid. Kesulitan membuat robot untuk tugas upacara memang ada.

"Kesulitannya memang bagaimana membuat robot melakukan momentum upacara dan gerakannya. Untuk komandan upacara robot humanoid namanya Si Bro," sambung Agur sehingga diperlukan proses latihan. Butuh waktu beberapa Minggu untuk siap melakukan upacara.

"Untuk upacara kan membuat robot dulu. Kemudian kita sinkronisasi petugas satu dengan yang lain sehingga anak butuh satu setengah Minggu latihan," pungkas Agur.

Hilal, siswa kelas IV SD mengaku tidak kesulitan dalam membuat robot. Hanya butuh satu hari untuk jadi. "Tidak lama cuma satu hari. Yang sulit yang jalani pas upacara," kata Hilal pada detikcom.



Simak Video "7 Tips Rayakan Tujuh Belasan Seru di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)