Cara Google Agar Daerah Terpencil Bisa Belajar Online

Perjuangan Belajar Online

Cara Google Agar Daerah Terpencil Bisa Belajar Online

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 12 Agu 2020 18:40 WIB
google classroom
Foto: Google Classroom
Jakarta -

Dengan berbagai fiturnya yang menarik dan saling terintegrasi, Google Classroom ingin memudahkan kegiatan pembelajaran jarak jauh secara online. Tapi bagaimana dengan guru dan siswa di daerah terpencil yang akses internetnya masih terbatas?

Ditanya mengenai hal ini, Group Product Manager, Google for Education Zach Yeskel menyebutkan bahwa Google memahami adanya kendala tersebut, dan karenanya berupaya membuat platform untuk belajar onlinenya bisa mengakomodir pengguna di daerah yang akses internetnya belum sebagus di kota.

"Sejumlah fitur di Google Classroom bisa diakses secara offline sehingga pengguna tidak harus selalu terkoneksi dengan internet," kata Yeskel dalam media briefing virtual 'The Anywhere School', Rabu (12/8/2020).

Salah satu contohnya, dikatakan Yeskel, ada fitur rekaman yang sangat berguna untuk melihat lagi atau dibagikan kepada yang tidak dapat hadir, sehingga pembelajaran jarak jauh bisa tetap berjalan tanpa terganggu masalah internet.

"Kami juga bekerja sama dengan operator telekomunikasi untuk menyediakan kebutuhan akses internet khusus untuk belajar sehingga bisa menjangkau daerah pelosok," tambah Yeskel.

Yeskel memang tidak menjelaskan lebih rinci mengenai kerja sama dengan operator. Tapi di Indonesia, pada Mei lalu, Google dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi untuk membantu para pengajar tetap online.

Sepertinya program semacam ini yang dimaksud Yeskel. Google Mei lalu mengumumkan kolaborasi dengan Kemendikbud dalam menggandeng Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri, dan Smartfren dalam penyediaan paket data gratis selama 90 hari bagi 10.000 pengajar di seluruh Indonesia.

Paket data hingga 30 GB itu didistribusikan oleh REFO dan Guru Berbagi, platform yang berfokus untuk membagikan praktik-praktik terbaik untuk pembelajaran jarak jauh.



Simak Video "Batal Dibatasi 1 Jam, Video Call Google Meet Masih Gratis 24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)