Facebook Gandeng Si Nopal Bikin Konten Edukasi, Ada Cuty Juga!

Facebook Gandeng Si Nopal Bikin Konten Edukasi, Ada Cuty Juga!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 12 Agu 2020 17:45 WIB
Animasi Si Nopal
Facebook bikin konten edukasi gandeng kreator Si Nopal. Foto: Anima Si Nopal
Jakarta -

Facebook dan Instagram menggandeng Anima Si Nopal meluncurkan sebuah kampanye edukasi publik di Indonesia #NyamandiSosmed selama sebulan mendatang. Jadi selain edukasi, masyarakat juga akan dibuat terhibur dengan aksi kocak Nopal, Cuty, Abah Enol, dan Bunda. Seru banget!

Karissa Sjawaldy Public Policy untuk Facebook di Indonesia menjelaskan dalam konferensi pers '#NyamandiSosmed bersama Facebook dan Si Nopal' bahwa nantinya Anima Si Nopal akan tayang selama sebulan.

"Kita mau semua pengguna penting bijak saat berbagi informasi, apalagi masa COVID-19 kita harus menggunakan empati dan critical thinking apakah ini bisa kita forward ke orang-orang. Nah, animasi Si Nopal akan tayang seminggu sekali, di halaman Facebook Indonesia mulai hari ini sampai September," ucapnya.

Serial ini akan siap ditonton setiap pukul 16.00 WIB di halaman Facebook dan akun Instagram Si Nopal, dan di halaman Facebook Indonesia. Tema yang diusung sendiri tentang tips dan trik mudah mengetahui berita palsu atau misinformasi, cara melindungi akun media sosial dari hacking dan penipuan (phising/scamming), serta pentingnya bersikap bijak sebelum membagikan informasi atau berita.

Naufal Faridurrazak yang merupakan kreator Anima Si Nopal mengatakan ide dari cerita yang ditayangkan ia dapatkan dari kehidupan sehari-hari, jadi kemungkinan ini juga pernah kamu alami sendiri.

"Animasi ya kayak kehidupan sehari-hari aja sih, kayak kita saja. Kalau kita kasih berita yang valid orangtua bakal ngerti sih," tuturnya.

Sebagai langkah pencegahan, Naufal sadar betul orangtua mudah dibuat takut dengan berita yang sebenarnya kebenarannya masih dipertanyakan. Nah, ia berharap animasi ini bisa mengedukasi orang-orang agar nyaman bermain media sosial.

"Aku selalu pantau sosmed orangtua, sekarang yang muda kan tahu banget mana yang benar mana yang salah mana. Kita pantau, kita kasih tahu yang benar," tutupnya.

Selain membagikan tips tentang bagaimana bersikap lebih bijak saat menggunakan media sosial, Facebook dan Instagram juga akan bekerja sama dengan Nur Alif Ramadhan, seorang kreator muda di balik akun animasi Dalang Pelo (@dalangpelo).

Kampanye ini juga akan hadir dalam bentuk podcast di kanal #NyamandiSosmed di Box2Box ID dan artikel edukasi berseri di akun Instagram detikcom.



Simak Video "Konten Spiritual Jadi yang Paling Banyak Dicari di Facebook"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)