Gojek Hadirkan Inisiatif Baru untuk Bantu UMKM Go Digital

Gojek Hadirkan Inisiatif Baru untuk Bantu UMKM Go Digital

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 10 Agu 2020 19:25 WIB
Gojek, Kantor Gojek, Ilustrasi Gojek
Gojek Hadirkan Inisiatif Baru untuk Bantu UMKM Go Digital (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta -

Gojek menghadirkan inisiatif kampanye baru untuk mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) go digital. Inisiatif ini diumumkan berdekatan dengan peringatan Hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus.

Inisiatif bernama #MelajuBersamaGojek ini digalakkan untuk menggandeng lebih banyak lagi UMKM untuk mengembangkan bisnisnya secara digital, terutama di era pandemi COVID-19.

"Kami sangat sedih sekali bahwa dikarenakan pandemi banyak mitra-mitra merchant ada yang harus tutup, ada yang harus berhenti sebentar," kata Co-CEO Gojek Andre Soelistyo dalam konferensi pers virtual, Senin (10/8/2020).

"Tapi dengan semangat untuk benar-benar kita bersama-sama untuk maju kembali, kami dari tim Gojek selalu berinovasi dan melakukan inisiatif yang banyak sekali," sambungnya.

Andre mengatakan saat ini Gojek memiliki lebih dari 500 ribu mitra merchant sejak berdiri 11 tahun yang lalu. Di tengah pandemi, mereka justru mencatat kenaikan jumlah merchant sebesar 120 ribu yang terdaftar dalam empat bulan terakhir.

Inisiatif #MelajuBersamaGojek terdiri dari dua solusi utama, yang menyasar operasional bisnis dan pertumbuhan bisnis. Untuk solusi operasional bisnis, Gojek menawarkan kemudahan dari segi pemasaran, pemesanan, pembayaran, pengiriman dan administrasi yang semuanya sudah serba digital.

Untuk menghadirkan solusi-solusi tersebut, Gojek menggandeng platform digital lainnya untuk mengembangkan ekosistem ini seperti Moka, Midtrans dan Selly. Gojek juga memanfaatkan ekosistem buatannya sendiri seperti GoPay, GoFood, GoSend dan lain-lain.

Bagi UMKM yang ingin mengikuti inisiatif ini, Gojek sudah menyediakan portal web khusus yaitu melajubersamagojek.com. Portal ini bisa digunakan oleh UMKM yang ingin mencari solusi yang paling sesuai dengan bisnisnya.

Selain solusi teknologi di atas, platform super app ini juga mengadakan program pelatihan dan peningkatan kapasitas seperti Gojek Wirausaha, Go-Nusantara dan Komunitas Partner GoFood.

"Untuk melakukan transformasi go digital tidak hanya bisa satu dua kali dan harus terus menerus. Dan dengan adanya pandemi ini semua akses berubah jadi lebih banyak webinar," pungkas Andre.



Simak Video "Dapur Bersama GoFood: Pedagang Tinggal Datang, Tanpa Biaya Sewa"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)