Google Doodle Kampanye Pakai Masker untuk Cegah COVID-19

Google Doodle Kampanye Pakai Masker untuk Cegah COVID-19

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 05 Agu 2020 11:30 WIB
Google Doodle masker covid-19
Google Doodle Kampanyekan Pakai Masker untuk Cegah COVID-19 Foto: Screenshot Google
Jakarta -

Google kembali merilis Doodle untuk mendorong pencegahan virus Corona. Kali ini mereka mengeluarkan Doodle animasi yang mengampanyekan penggunaan masker dan social distancing.

Doodle animasi ini dimulai dengan menunjukkan logo Google yang tiba-tiba memiliki kaki dan menggunakan masker. Dengan kaki kecilnya, masing-masing huruf di logo tersebut langsung menyebar untuk menjaga jarak.

Google Doodle ini menghiasi halaman depan Google di hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dalam blognya, Google menulis bahwa Doodle ini berjudul 'Wear a Mask. Save Lives' atau 'Pakai Masker. Selamatkan Nyawa'.

"Pakai masker. Selamatkan nyawa. Karen COVID-19 terus berdampak pada komunitas di seluruh dunia, bantu hentikan penyebarannya dengan mengikuti langkah-langkah ini," tulis Google Doodle dalam blognya seperti dikutip detikINET, Rabu (5/8/2020).

Jika Doodle tersebut diklik, pengguna akan diarahkan ke hasil pencarian Google untuk mencegah penyebaran COVID-19. Hasil pencarian ini menampilkan informasi dari otoritas kesehatan internasional seperti WHO dan CDC serta situs dari otoritas kesehatan di Indonesia.

Google juga menyorot cara pencegahan penyebaran virus Corona dari situs WHO di bagian paling atas hasil pencarian. Cara tersebut antara lain dengan sering mencuci tangan, menjaga jarak aman, menggunakan masker jika tidak bisa jaga jarak, menutup hidung dan mulut dengan siku atau tisu saat batuk atau bersin, dan lain-lain.

Raksasa teknologi ini juga menyorot imbauan WHO yang menekankan pentingnya menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus ke orang lain.

"Masker bisa membantu mencegah penyebaran virus dari orang yang memakai masker ke orang. Masker saja tidak bisa melindungi dari COVID-19, dan harus dikombinasikan dengan jaga jarak dan kebersihan tangan," tulis Google.



Simak Video "Mengenal Subak Bali yang Jadi Google Doodle Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)