Ekosistem Teknologi Siap Dukung Pembelajaran Jarak Jauh Permanen Hybrid - Halaman 2

Ekosistem Teknologi Siap Dukung Pembelajaran Jarak Jauh Permanen Hybrid

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 20 Jul 2020 21:46 WIB
Ilustrasi belajar online
Dukungan Ekosistem Wacana Pembelajaran Jarak Jauh Permanen Hybrid. Foto: Shutterstock

WeKiddo sendiri ingin membantu sekolah dalam sistem belajar mengajar secara online dan membantu mendigitalisasikan sistem belajar mengajar di sekolah tanpa meninggalkan offline (sistem belajar mengajar secara tatap muka).

"WeKiddo berharap dengan adanya pembelajaran jarak jauh model hybrid ini, sekolah dapat terbantu dalam segala aspek sistem belajar mengajar baik ketika terjadi pandemi seperti ini maupun dalam keadaan normal," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, wacana Mendikbud tersebut diungkapkan saat rapat dengar pendapat dengan Anggota Komisi X DPR RI, Kamis lalu. Wacana tersebut tercetus saat dunia dilanda pandemi COVID-19, di mana salah satu dampaknya anak-anak terpaksa melangsungkan PPJ.

"Pembelajaran Jarak Jauh ini akan menjadi permanen. Bukan pembelajaran jarak jauh pure saja, tapi hybrid model," ujar Nadiem.

Sementara itu, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril menjelaskan, metode pembelajaran jarak jauh akan terus berlangsung pada satuan pendidikan yang berada di zona kuning, oranye, dan merah. Tentunya, metode PJJ tidak akan diterapkan secara permanen.

"Yang akan permanen adalah tersedianya berbagai platform PJJ, termasuk yang bersifat daring dan luring yang akan terus dilangsungkan guna mendukung siswa dan guru dalam proses belajar mengajar," kata Iwan.

Demi memanfaatkan perkembangan teknologi, Kemendikbud merekomendasikan metode pembelajaran hybrid atau kombinasi. Metode yang satu ini dinilai Iwan mampu meningkatkan kompetensi siswa untuk dapat bersaing secara global meski terdampak pandemi.

Dalam metode hybrid, guru dan siswa khususnya pada satuan pendidikan yang masuk dalam zona hijau dapat melaksanakan proses pembelajaran tatap muka dipadu dengan alat bantu teknologi yang selama ini dimanfaatkan dalam pembelajaran jarak jauh.

Meski peran teknologi dapat menunjang proses pembelajaran, guru akan tetap berfungsi sebagai kunci utama yang bertindak meningkatkan kualitas dan kompetensi demi terwujudnya suasana belajar yang efektif bagi para siswa.

(agt/fay)