WhatsApp Sempat Down Selama Satu Jam

WhatsApp Sempat Down Selama Satu Jam

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 15 Jul 2020 15:04 WIB
People are seen as silhouettes as they check mobile devices whilst standing against an illuminated wall bearing WhatsApp Incs logo in this arranged photograph in London, U.K., on Tuesday, Jan. 5, 2016. WhatsApp Inc. offers a cross-platform mobile messaging application that allows users to exchange messages. Photographer: Chris Ratcliffe/Bloomberg via Getty Images
Foto: Chris Ratcliffe/Bloomberg
Jakarta -

Dini hari tadi layanan WhatsApp ternyata sempat down atau tak bisa diakses selama satu jam. Apa penyebabnya?

Dikutip dari The Verge, Rabu (15/7/2020), masalah ini terjadi pada pukul 3 dini hari tadi, dan berlangsung selama hampir satu jam. Yaitu pengguna tak bisa mengirimkan ataupun menerima pesan menggunakan WhatsApp, meski aplikasinya tetap bisa dibuka.

Rupanya hal ini terjadi karena WhatsApp melakukan pembaruan ke servernya, dan hal ini diakui WhatsApp membuat sejumlah penggunanya tak bisa mengirim dan menerima pesan.

Layanan pengiriman pesan milik Facebook ini sebenarnya terbilang jarang mengalami masalah besar. Down-nya WhatsApp ini adalah masalah besar pertama yang terjadi selama kurang lebih setahun belakangan."Hari ini ada sebuah pembaruan internal yang dilakukan ke server WhatsApp yang membuat sejumlah orang mengalami masalah pengiriman pesan. Kami menyelesaikan masalah ini dengan cepat dan kami meminta maaf atas ketidaknyamanannya," tulis WhatsApp dalam pernyataannya.

Terakhir WhatsApp mengalami down bersama Instagram dan Facebook pada 2019 lalu, yang terjadi selama kurang lebih dua jam sebelum akhirnya layanan tersebut kembali normal.

Saat ini WhatsApp mempunyai lebih dari 2 miliar pengguna, meningkat dari 1,5 miliar pada 2018 dan 1 miliar pada 2016. Layanan pengiriman pesan ini populer di banyak negara, seperti negara-negara Eropa, India, dan Brazil.

Baru-baru ini WhatsApp menambahkan fitur baru ke layanannya. Seperti stiker animasi, kode QR, mode gelap, panggilan video grup, dan status di perangkat KaiOS. Fitur-fitur ini bakal digulirkan secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan.



Simak Video "Fitur 'Last Seen, Online, Typing' Hilang, WhatsApp Puncaki Trending"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)