Elon Musk: Teknologi Mobil Otonom Tesla di Depan Mata

Elon Musk: Teknologi Mobil Otonom Tesla di Depan Mata

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 11 Jul 2020 07:01 WIB
Tesla and SpaceX CEO Elon Musk smiles during a
Elon Musk (Foto: Kyle Grillot/Reuters)
Jakarta -

Mobil Tesla memang telah memiliki sistem kemudi mobil otonom walau belum sempurna. Nah sang CEO Elon Musk, menyatakan teknologi kendaraan otonom Tesla yang benar-benar bisa mengemudi sendiri bakal rampung di akhir tahun ini.

Teknologi Autopilot level dua di Tesla saat ini masih mensyaratkan pengemudi waspada dan tangan tetap di setir. Namun menurut Musk, update software di masa depan akan menjadikan sistemnya level 5 tanpa perlu hardware baru.

"Saya sangat yakin bahwa level 5 atau otonomi yang lengkap akan terjadi dan saya pikir akan terjadi sangat cepat. Saya merasa kami sangat dekat," katanya dalam siaran video di ajang World Artificial Intelligence Conference di Shanghai.

"Saya percaya kami akan memiliki fungsionalitas dasar untuk level 5 yang selesai tahun ini. Tidak ada tantangan fundamental lagi. Adanya adalah banyak masalah-masalah kecil," lanjutnya.

"Dan ada tantangan untuk memecahkan semua masalah kecil itu dan memadukan semua sistem menjadi satu," tambah Musk, dikutip detikINET dari BBC.

Namun demikian bukan berarti teknologi itu bisa cepat digunakan oleh masyarakat umum. Terutama karena masih kurangnya regulasi soal mobil otonom di banyak negara.

"Bahkan andaikan Tesla bisa menyediakan teknologinya, soal regulasi di pasar-pasar besar masih jauh di belakang sebelum bisa benar-benar membuat mobil otonom melaju di jalanan," cetus analis dari IHS Markit, Tim Urquhat.



Simak Video "Elon Musk Rilis Lagu EDM, Gimana Jadinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)