Tuduhan Monopoli, Google Dkk Akan Dipanggil DPR AS

Tuduhan Monopoli, Google Dkk Akan Dipanggil DPR AS

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 07 Jul 2020 17:08 WIB
Sundar Pichai
Google Dkk Akan Dipanggil DPR AS (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Empat perusahaan teknologi raksasa akan dipanggil ke DPR Amerika. Mereka akan ditanyai atas tudingan monopoli dan kekuatan yang berlebihan.

Yang akan dipanggil adalah para CEO Apple, Amazon, Google dan Facebook. Diberitakan News.com Australia yang dilihat Selasa (7/7/2020) pemanggilan ini akan dilakukan bulan Juli.

Bagi CEO Facebook Mark Zuckerberg ini akan jadi pemanggilan ketiganya. CEO Alphabet sebagai pemilik Google dan YouTube, Sundar Pichai akan datang sebagai pemanggilan kedua, pun demikian untuk CEO Apple Tim Cook.

Sementara untuk bos Amazon, Jef Bezos ini akan menjadi pemanggilan pertamanya ke DPR. Ada kemungkinan pemanggilan ini tidak secara fisik karena pandemi Corona.


Komisi Hukum DPR AS belum memutuskan apakah rapat dengar pendapat ini akan virtual atau tidak. Yang jelas jika bos Amazon dan Apple hadir, bos Facebook dan Google pun demikian.

DPR AS memanggil mereka terkait tuduhan pelanggaran anti-monopoli karena 4 perusahaan itu sedang diinvestigasi oleh badan federal AS dan kejaksaan tinggi negara bagian.

Kementerian Hukum AS akan membawa masalah monopoli terhadap Google terkait dominasi iklan dan pencarian online. Langkah Amazon dan Facebook membeli perusahaan-perusahaan kecil juga menjadi sorotan.


Zuckerberg dan Pichai menghadapi masalah tambahan yang lebih politis terkait Facebook dan Youtube. Hal ini terkait masalah pembiaran ujaran kebencian, menutupi hak kebebasan bicara dan sensor.

Bezos akan ditanyai seputar perlakuan terhadap karyawan di masa pandemi Corona, teknologi pengenalan wajah yang sensitif dengan isu privasi dan diskriminasi terhadap produk jualan pihak ketiga.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)