Gojek Terus Gembleng Startup Agar Berkibar di Tengah Corona - Halaman 2

Gojek Terus Gembleng Startup Agar Berkibar di Tengah Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 01 Jul 2020 17:21 WIB
Ilustrasi startup
Ilustrasi startup. Foto: Oli Scarff/Getty Images

"Startup hasil binaan ini diharapkan berinovasi untuk mempermudah masyarakat selama pandemi, bisa tetap produktif, social distancing dan lain-lain. Tapi tidak hanya selama pandemi Corona, dalam tantangan apapun diharapkan bisa terus berkembang," cetus Giri.

Dari 35 startup terpilih Gojek, diperas lagi jadi tiga terbaik, yaitu startup Qlue, Jejak.in dan Etanee. Ketiganya terpilih karena model bisnisnya dinilai paling inovatif dan dampak sosialnya juga sangat positif.

Jejak.in berkiprah di bidang sensus tumbuh kembang pohon memakai kecerdasan buatan. Sedangkan Etanee bergerak di bidang agrikultur dengan model distribusi pangan melibatkan masyarakat sebagai agen distribusi agar bisa mendapat penghasilan dari rumah, membantu di tengah pandemi.

Adapun Qlue mengembangkan konsep smart city dan membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai masalah sosial dengan melibatkan partisipasi aktif dari warganya. Secara umum, startup yang ikut dalam program Gojek telah berdampak baik dengan membuka 1.600-an lapangan kerja.

Nah, program bimbingan startup ini masih akan dilanjutkan dalam nama Gojek Xcelerate Xtra sebagai dukungan bagi startup dalam masa pandemi. Terbuka untuk startup yang berminat, akan diberikan bimbingan dalam mengatasi tantangan startup tahap awal, misalnya bagaimana menaikkan traksi sampai soal marketing dan branding.

Startup juga bisa terhubung one on one dengan pemodal ventura dan mentor berkompeten. Program Gojek ini berlangsung dari Juli sampai Agustus 2020. Peminat dapat mendaftar di website gojekxcelerate.

(fyk/fay)