Analisis Keramaian #HBD59Jokowi, Warganet Ucapkan Selamat Ultah

Analisis Keramaian #HBD59Jokowi, Warganet Ucapkan Selamat Ultah

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Minggu, 21 Jun 2020 21:20 WIB
Instagram/jokowi
Jokowi bersama cucu (Foto: Instagram/jokowi)
Jakarta -

Masyarakat antusias mengucapkan selamat pada Presiden Jokowi yang merayakan ultah pada 21 Juni 2020. Dilihat dari interaksi di media sosial, hal ini menarik untuk dianalisis.

Dalam keterangannya kepada detikINET, MediaWave sampai pukul 17.00 WIB mencatat ada 33.700 percakapan di Twitter dan 1.932 percakapan di Instagram. Percakapan ini menjangkau 54.013.334 akun.

Beberapa keyword doa dari warganet kepada Presiden Jokowi yang paling banyak diposting antara lain 'Semoga panjang umur', 'Semoga Sehat', 'Indonesia Maju' dan 'Kesehatan dalam Memimpin'.


#HBD59Jokowi menjadi tagar yang populer. MediaWave mencatat akun @Mey_MeynieJT merupakan akun pertama di Twitter yang mengucapkan selamat. Kemudian akun @ari.permatasari mengunggah video ucapan selamat ulang tahun untuk Presiden Jokowi di media Instagram sejak 20 Juni 2020.

"Berdasarkan jaringan interaksi yang terbentuk di Twitter, warganet yang mengucapkan #HBD59Jokowi terdiri dari berbagai cluster influencer yang berbeda-beda. Hal ini menunjukkan luasnya perhatian dari warganet terhadap Presiden Jokowi," kata Head of Analyst MediaWave, Nadia Shabilla.

Analisa Medsos Ultah JokowiAnalisis medsos ultah Jokowi Foto: (dok MediaWave)
Analisa Medsos Ultah JokowiSebaran cluster medsos Ultah Jokowi Foto: (dok MediaWave)


Beberapa tokoh publik dan influencer di media sosial memberi ucapan selamat ulang tahun kepada Presiden Jokowi. Mereka antara lain Basuki Tjahaja Purnama, Ganjar Pranowo sampai penyanyi Katon Bagaskara.

"Selamat Ulang Tahun Pak Presiden @jokowi, selalu diberikan kesehatan, kebahagiaan dan semangat untuk terus mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia #HBD59Jokowi," tweet dari @basuki_btp (1.337 Retweets).


"Selamat Ulang Tahun pak @jokowi sehat selalu... #HBD59Jokowi," @ganjarpranowo (523 Retweets).

"Selamat Ulang Tahun Pak Jokowi..@jokowi Semoga sehat selalu, panjang umur, bahagia bersama keluarga, kian kuat dan bijak memimpin negri ini..🙏🙏😇😇🇲🇨🇲🇨✊✊... Bulan Juni, kita sama2 Gemini..Salam Respek & Salam Sehat.🙏🙏🙏 Salam Respek & Salam Sehat.🙏🙏🙏, KB #hbd59jokowi," ujar @katonbagaskara (395 Likes).



Simak Video "Duh! TikTok Sindir Fitur Baru Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rns)