Instagram Saingi Kepopuleran Twitter Sebagai Sumber Berita

Instagram Saingi Kepopuleran Twitter Sebagai Sumber Berita

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 21 Jun 2020 13:04 WIB
Istanbul, Turkey - December 15, 2018: Person holding a brand new Apple iPhone X with Instagram profile on the screen. Instagram is an online mobile social networking service, launched in October 2010.
Instagram Saingi Kepopuleran Twitter Sebagai Sumber Berita. Foto: iStock
Jakarta -

Laporan terbaru di industri berita digital mengungkapkan bahwa kepopuleran Instagram melesat sebagai sumber berita menyaingi seniornya Twitter.

Dikutip dari Search Engine Journal, laporan The 2020 Reuters Institute Digital News menemukan bahwa jumlah pengguna yang mengakses Instagram untuk mencari berita bertambah dua kali lipat sejak 2018.

Demografi anak-anak muda mendominasi kondisi ini. Instagram melesat menjadi sumber berita populer bagi pengguna berusia 18-24 tahun. Dua pertiga orang berusia di bawah 25 tahun mengatakan, mereka menggunakan Instagram untuk selalu update informasi terbaru.

"Instagram menjadi sangat populer di kalangan anak muda. Mereka benar-benar merespons dengan baik informasi yang diceritakan secara sederhana dan baik dengan gambar visual," kata Nic Newman, penulis utama laporan ini.

Fitur Instagram seperti Stories dan IGTV boleh dibilang berkontribusi banyak terhadap lonjakan popularitas Instagram sebagai sumber berita dikarenakan fitur-fitur ini secara visual menarik dan interaktif.

reuters

Laporan ini merangkum ada sekitar 11% orang mencari berita lewat Instagram, hanya terpaut sedikit dari Twitter (12%). Posisi puncak memang masih dikuasai Facebook sebagai medsos yang dijadikan sumber mencari berita (36%). Menyusul setelah Facebook, ada YouTube dan WhatsApp dengan masing-masing persentase 21% dan 16%.

Meski demikian, Reuters menyebutkan medsos adalah sumber berita yang kurang dipercaya. Orang-orang tidak sepenuhnya mempercayai berita yang ada di medsos, hanya 29% orang yang mempercayainya.



Simak Video "Duh! TikTok Sindir Fitur Baru Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)