DANA Kembangkan 20 Fitur untuk Hadapi New Normal

DANA Kembangkan 20 Fitur untuk Hadapi New Normal

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 19 Jun 2020 21:38 WIB
Peluncuran Dana Dompet Digital

CEO Dana Vincent Iswara (kiri) bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Triawan Munaf (tengah) saat melakukan transaksi menggunakan aplikasi Dompet Digital Dana disela peluncuran Dompet Digital Indonesia DANA, di Jakarta, Rabu (5/12). Dana adalah dompet digital berkonsep  open platform yang diperkuat oleh tekhnologi berkelas dunia dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Grandyos Zafna/detikcom
DANA Kembangkan 20 Fitur untuk Hadapi New Normal (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah perusahaan teknologi mengenalkan banyak fitur baru untuk membantu masyarakat Indonesia menghadapi new normal. Salah satunya dompet digital DANA yang dalam beberapa bulan terakhir mengembangkan puluhan fitur baru.

CEO DANA Vincent Iswara mengatakan fitur-fitur ini dikembangkan sejak sebelum pembatasan sosial berskala besar (PSSB) dimulai dan setelah PSBB dilonggarkan.

"Kita membangun berbagai macam teknologi secara cepat. Kita dari Maret sampai akhir Mei kita sudah lebih dari 20 produk dan functionality yang kita kembangkan supaya masyarakat bisa menjalani kehidupan di masa-masa saat ini," kata Vincent dalam konferensi pers virtual, Jumat (19/6/2020).

Senior Product Specialist DANA Handy Putranto menjabarkan beberapa fitur penting yang dihadirkan dalam beberapa bulan terakhir ini. Misalnya saja fitur-fitur seperti portal informasi COVID-19, HomeShopping, telemedicine, donasi online dan lain-lain.

Tapi menurut Vincent, fitur yang paling penting untuk era New Normal ini adalah pembayaran contactless yang menjadi andalan DANA. Apalagi setelah pelonggaran PSBB, beberapa pusat perbelanjaan telah mulai dibuka kembali.

Ia mengatakan saat ini pembayaran dengan uang tunai mungkin masih dominan di Indonesia, tapi mengingat uang tunai bisa menjadi medium penyebaran virus Corona, masyarakat mulai bergeser ke pembayaran contactless.

"Contactless itu sudah masuk di kesadaran masyarakat. Kita sudah lihat banyak tempat-tempat yang sudah menerima pembayaran digital justru menganjurkan supaya menggunakan contactless," jelas Vincent.

Selain itu, untuk menghadapi new normal ini DANA akan fokus dalam membantu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk kembali bangkit walau sempat dihantam pandemi dengan fitur DANA Bisnis. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk mereka yang membuka bisnis baru di tengah pandemi.

"Semua UMKM bisa menjadi pengguna DANA Bisnis secara gratis, itu salah satu yang kita kembangkan untuk masyarakat," kata Vincent.

"Pembayarannya itu secara real time, uang bisa dipakai saat itu juga, bisa di-track, refund bisa dilakukan segera juga, history bisa difilter, itu banyak sekali fungsinya," pungkasnya.



Simak Video "Hadirkan Fitur Pembayaran Nontunai, Jenius QR Ingin Geser OVO Cs?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)