Bioskop Tak Akan Tergantikan oleh Smartphone

Bioskop Tak Akan Tergantikan oleh Smartphone

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 04 Jun 2020 16:19 WIB
Oppo Find X2 Pro
Bioskop Tak Akan Tergantikan oleh Smartphone (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Sejak pandemi COVID-19 melanda, banyak orang menikmati film lewat layar smartphone. Pun begitu ini tidak akan menggantikan peran bioskop.

Demikian diungkap sutradara Riri Riza dalam diskusi Oppo Find X2 Ultimate Talks. Dia mengatakan dalam sejarahnya orang menonton film itu dalam sebuah gedung dan ini telah dilakukan sejak lama.

"Jangankan di dunia, di Indonesia sudah sejak 1911, baik di Batavia, Surabaya dan Bogor, orang sudah menonton film di ruangan yang besar," kata pria yang membesut film Ada Apa dengan Cinta ini.

Menurutnya menonton film itu merupakan communal activity. Ada suasana yang saling mengikat di dalam emosi saat menonton di bioskop.

Nantinya saat new normal dijalankan diprediksi Riri akan melahirkan cara-cara baru untuk berinteraksi. Beberapa sudah dijalankan, seperti bioskop drive in cinema dan nonton dengan jeda kursi.

"Kita sudah bisa membeli tiket online. Saya membayangkan suatu hari nanti membeli tiket, samping kiri dan kanan akan ada jeda. Teknologi akan berperan dalam itu. Bioskop juga saya rasa akan menjalankan prosedur," papar Riri.

Riri RizaRiri Riza Foto: screenshot/detikINET

Terkait platform digital, Riri percaya ini akan menjadi alternatif di era new normal. Kebiasaan menonton di digital sudah dibangun sejak beberapa tahun lalu.

"Digital platform sudah menjadi budaya baru. Ada tradisi orang-orang sudah tertekan waktu, jadi membutuhkan tontonan yang mengisi waktu kosong mereka dalam perjalanan atau menunggu sesuatu dengan digital platform," papar pria kelahiran Makassar ini.

Di Indonesia sendiri sudah banyak layanan yang tersedia, mulai dari Netflix, Prime Video hingga segera hadir Disney+. Film karya sineas Tanah Air, seperti garapan Miles, dapat ditonton di paltform tersebut.

"Ini adalah kemungkinan baru. Bahkan beberapa sutradara besar membuat esklusif premier di digital platform dan ditonton lewat layar ponsel," kata Riri.

Pun begitu menurut Riri bioskop akan menjadi tujuan utama untuk menonton film. Sebab film ini terkait pengalaman menonton, mengalami cerita, punya power masuk dalam cerita. Ini semua bisa didapat ketika berada di ruang gelap dan menonton bersama-sama secara kolektif.

"Bioskop tetap jadi tujuan utama, karena terutama yang belajar film seperti saya, tradisi nonton dan mengalami film melalui layar yang lebar," pungkasnya.



Simak Video "Menggenggam Find X2 Pro, Ponsel Premium Tercanggih OPPO"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)