#BlackLivesMatters, Tuntutan Keadilan George Floyd yang Dibunuh Polisi AS

#BlackLivesMatters, Tuntutan Keadilan George Floyd yang Dibunuh Polisi AS

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 29 Mei 2020 13:52 WIB
Denver Police Department officers stand over a man who fell to the street after they used tear gas and rubber bullets to disperse a protest outside the State Capitol over the death of George Floyd, a handcuffed black man who died in police custody in Minneapolis, late Thursday, May 28, 2020, in Denver. (AP Photo/David Zalubowski)
Tagar #BlackLivesMatters mencuat setelah kasus kekerasan polisi pada pria kulit hitam George Floyd (Foto: AP/David Zalubowski)
Jakarta -

George Floyd tewas di tangan polisi kota Minneapolis, Amerika Serikat (AS). Tagar untuk membela pria kulit hitam itu pun mewarnai dunia maya khususnya Twitter.

Lewat tagar #BlackLiveMatters dan #JusticeForGeorgeFloyd berseliweran di lini masa untuk meminta pemerintahan menindak tegas mengenai kasus ini. Kematian Floyd bahkan memicu rakyat turun ke jalan dan bentrok dengan polisi.

"Justice for George Floyd #blacklivesmatters," tulis @Shadow_Soulll sembari mengunggah foto dengan tulisan yang sama dengan tagar yang ia gunakan.

Tak hanya cuitan dari netizen, artis, politis, aktivis menyuarakan dukungan mereka untuk menindaklanjuti kasus kematian George Floyd. Pelantun 'Roar' Katy Perry turut menyuarakan hal tersebut lewat Instagram Story miliknya. Ia juga mengunggah pencarian keadilan untuk Breonna dan Ahmaud.

George Floyd tewas di tangan polisi kota Minneapolis, Amerika Serikat (AS). Tagar untuk membela pria kulit hitam itu pun mewarnai dunia maya. Katy Perry salah satu artis yang turut menyuarakan keadilan bagi Floyd.George Floyd tewas di tangan polisi kota Minneapolis, Amerika Serikat (AS). Tagar untuk membela pria kulit hitam itu pun mewarnai dunia maya. Katy Perry salah satu artis yang turut menyuarakan keadilan bagi Floyd. Foto: Instagram/Katy Perry

Diketahui, empat oknum polisi yang bertanggung jawab atas kematian Floyd telah dipecat pada hari Selasa (26/5). Namun yang disayangkan, mereka masih bebas berkeliaran. Saudara Floyd menuntut agar para tersangka dihukum.

"Saya ingin para polisi itu didakwa melakukan pembunuhan, karena itulah yang mereka lakukan," kata Bridgett Floyd, saudara perempuannya, dalam siaran televisi NBC.



Simak Video "Polisi di AS Tembak Pria Kulit Hitam dengan Pistol Setrum"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)