Posting Foto Cucu di Medsos, Nenek Digugat Anaknya Sendiri

Posting Foto Cucu di Medsos, Nenek Digugat Anaknya Sendiri

Josina - detikInet
Minggu, 24 Mei 2020 13:10 WIB
ilustrasi facebook
Posting Foto Cucu di Medsos, Sang Nenek Digugat. (Foto: unsplash)
Amsterdam -

Seorang nenek digugat di pengadilan di Belanda oleh putrinya sendiri lantaran sang nenek memposting foto cucunya di media sosial tanpa izin orangtua.

Hal itu berawal dari kegemaran sang nenek yang kerap memposting foto cucunya ke Facebook dan Pinterest. Namun rupanya ibu dari cucu tersebut yang merupakan anaknya sendiri tidak suka dengan hobi tersebut.

Ibu dari anak-anak itu telah meminta beberapa kali agar foto-foto itu dihapus namun sang nenek menolak. Hingga akhirnya kasus ini pun berujung di pengadilan setelah terjadinya perselisihan antara sang ibu dan putrinya.

Hakim pengadlian menyatakan bahwa kasus ini sudah memasuki ranah Aturan Perlindungan Data Umum (General Data Protection Regulation atau GDPR) Uni Eropa.

Dilansir detiKINET dari BBC, GDPR sebenarnya tidak berlaku untuk pemrosesan data "murni pribadi" atau "rumah tangga".

Namun, sang hakim mengatakan kasus ini mendapat pengecualian karena memposting foto di media sosial membuat foto-foto tersebut tersedia untuk khalayak yang lebih luas.

"Dengan Facebook, tidak dapat disangkal bahwa foto-foto yang dipublikasikan kemungkinan berada pada di tangan pihak ketiga," katanya.

Alhasil, si nenek itu memilih antara harus menghapus foto atau membayar denda sebesar Euro 50 atau sekitar Rp 806 ribu untuk setiap foto cucu yang ia posting di medsos hingga maksimum denda Euro 1000 atau sekitar Rp 16 jutaan.

Lalu jika di masa depan sang nenek memposting foto cucunya lebih banyak lagi, dia akan dikenakan denda tambahan sebesar Euro 50 per hari.

"Saya pikir putusan itu akan mengejutkan banyak orang yang mungkin tidak berpikir terlalu banyak sebelum mereka tweet atau memposting foto," kata Neil Brown, pengacara teknologi di Decoded Legal.

"Terlepas dari posisi hukum, bukankah memang masuk akal bagi orang-orang yang memposting foto-foto itu untuk berpikir orang itu tidak berkenan untuk diposting fotonya," tambahnya.



Simak Video "Cinta Kuya Alami Pelecehan Seksual di Media Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)