Zakat Fitrah Lebih Aman dan Praktis Lewat Warung GrabKios

Zakat Fitrah Lebih Aman dan Praktis Lewat Warung GrabKios

Nurcholis Maarif - detikInet
Kamis, 21 Mei 2020 22:30 WIB
GrabKios
Zakat Fitrah Lebih Aman dan Praktis Lewat Warung GrabKios (Foto: Dok. Grab Indonesia)
Jakarta -

GrabKios bekerja sama dengan BenihBaik.com dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyediakan kemudahan bagi umat muslim yang ingin menunaikan kewajiban berzakat fitrah di bulan Ramadhan ini, yaitu lewat Warung Ijo terdekat.

Seperti diketahui, membayar zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban umat muslim di bulan Ramadhan. Zakat fitrah sendiri memiliki dua tujuan utama, yaitu untuk menyucikan diri dari harta yang dimiliki dan memberikan makan kepada siapa saja yang tidak mampu saat merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Dari keterangan yang diterima detikcom, Kamis (21/5/2020), masyarakat hanya perlu membuka aplikasi Grab dan klik fitur Warung Ijo GrabKios terdekat. Cari di menu Keep Discovering, scroll hingga menemukan icon di bawah ini, kemudian klik.

Adapun langkah berikutnya adalah hubungi nomor pemilik warung yang telah tersedia. Lalu infokan bahwa kamu ingin melakukan berzakat fitrah dengan memberikan data sebagai berikut: bank tujuan: BNI, nomor rekening: 9881017000000003, atas nama: BenihBaik Zakat Fitrah, nominal: (minimal) Rp 45 ribu, dan nomor HP pemberi zakat fitrah.

GrabKiosGrabKios Foto: Dok. Grab Indonesia

Setelah dapat konfirmasi, temui pemilik warung di lokasi yang dijanjikan dan siapkan uang tunai untuk menyelesaikan transaksi. Berikan uang tunai kepada pemilik warung dan pastikan melakukan transaksi tanpa kontak dengan cara minta wadah yang aman ke pemilik warung untuk menaruh uang, seperti amplop atau plastik.

Pastikan tidak ada kontak langsung antara tangan kamu dan pemilik warung. Setelah seluruh proses selesai, pihak BenihBaik.com akan menghubungi pemberi zakat fitrah untuk konfirmasi nama pemberi zakat fitrah yang akan disalurkan.

Zakat fitrah yang terkumpul nantinya disalurkan langsung oleh BAZNAS dalam bentuk beras kepada mustahik, yaitu keluarga rentan yang mengalami kesulitan akibat dampak pandemi COVID-19 yang di seluruh Indonesia.

Sebagai catatan, BenihBaik.com memberikan batas waktu untuk berzakat fitrah pada tanggal 22 Mei 2020 hingga pukul 23:59 WIB. Sebab mengingat BenihBaik.com bersama BAZNAS harus menyalurkan zakat fitrah yang telah dikumpulkan pada tanggal 23 Mei 2020.

Selain menjadi solusi praktis untuk semua orang di saat PSBB, dengan menyalurkan zakat fitrah lewat Warung Ijo GrabKios artinya kamu berkontribusi besar dalam mendukung gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang digagas oleh Pemerintah Indonesia untuk mendorong peningkatan penjualan produk UMKM di Tanah Air melalui jalur digital.

Gerakan ini dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dan jajaran kementeriannya yang bertujuan mendorong sektor UMKM untuk go digital dan memperluas jangkauan pasar UMKM hingga ke pelosok daerah melalui dukungan dari berbagai pihak yang terlibat termasuk Grab.

(prf/fay)