Kisah Tagar Medsos 'Terkuat' di Dunia

Kisah Tagar Medsos 'Terkuat' di Dunia

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 22 Mei 2020 04:15 WIB
Justice League
Kisah Tagar Medsos 'Terkuat' di Dunia (Ilustrasi Justice League: ist.)
Jakarta -

Hashtag atau tanda pagar di media sosial kadang untuk seru-seruan atau menggoreng isu. Tapi ada sebuah hashtag yang konsisten diperjuangkan sampai menaklukkan Hollywood.

Pada Kamis (31/5/2020) ada kejutan dari Amerika. Film Justice League versi sutradara Zack Snyder akan dirilis tahun 2021 di HBO Max. Keputusan ini adalah buah dari perjuangan penggemar film superhero buatan DC Comic bertahun-tahun lamanya menggaungkan tagar #ReleasetheSnyderCut dari seluruh dunia.

Sejarah tagar itu begini, Zack Snyder menyutradarai film Justice League tahun 2017 yang mengumpulkan Superman, Batman, Wonder Woman, The Flash, Aquaman dan Cyborg. Menurut The Hollywood Reporter, film aslinya 4 jam.

Warner Bros meminta filmnya dipangkas jadi 2 jam 20 menit. Kemudian ada tragedi, putri Snyder tewas bunuh diri. Sang sutradara mundur, digantikan Joss Whedon.


Filmnya lalu dirilis, reviewnya jelek dan tidak terlalu sukses. Fans di seluruh dunia kecewa berat dan lahirlah tagar #ReleasetheSnyderCut. Mereka minta karya asli dan utuh milik Snyder.

Dua tahun berlalu, ternyata tagar ini masih ramai di Twitter, Instagram, Facebook dan semua media sosial yang dipakai netizen. Siapa sangka? Tagar ini menjadi gerakan para penggemar film di seluruh dunia.

Fans sampai menyewa billboard di Times Square New York yang super mahal. Bahkan mereka menyewa pesawat untuk menerbangkan spanduk di atas lokasi Comic-Con. Bahkan aktor pemeran Wonder Woman, Gal Gadot dan Aquaman, Jason Momoa ikut memperjuangkan tagar #ReleasetheSnyderCut.

Sang sutradara, yang sudah pulih dari duka citanya, terharu dengan perjuangan fans. Saat ulang tahun kedua film Justice League, Snyder pun buka suara.


"#ReleasetheSnyderCut adalah hashtag yang paling banyak di-tweet tentang film yang pernah dibikin Warner Bros, tapi filmnya tidak pernah dirilis. Ini aneh tapi keren," kata Snyder.

Pada Februari 2020, petinggi Warner Bros, HBO Max dan DC berjumpa membahas desakan para penggemar ini. Hollywood pun luluh, mereka bersepakat untuk merilis karya asli Zack Snyder yang 4 jam itu. Bahkan Warner Bros menyiapkan duit Rp 400 miliar untuk film Justice League ini.

Pengumuman Zack Snyder di Twitter menjadi sangat viral. Dikomentari 5.800 kali, di-retweet 38.700 kali, disukai 105.100 kali. Pecah banget! Aktor Superman, Henry Cavill dan aktor Cyborg, Ray Fisher pun mendukung penuh.





Snyder jadi trending topic global dengan 155 ribu tweet dan HBO Max ikutan populer dengan 107 ribu tweet.


Masih belum jelas apakah film ini akan utuh 4 jam atau dibagi jadi 6 episode. Yang jelas, ini adalah hari kemenangan netizen penggemar film. Mereka dua tahun berjuang online dan offline, membangun gerakan lewat hashtag. #ReleasetheSnyderCut menjadi cerita tagar paling kuat di media sosial karena mengalahkan kekuatan Hollywood.



Simak Video "Juara Liga Inggris, Liverpool Puncaki Trending Topic Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rns)