Gandeng Baznas, Donasi & Zakat Shopee Kumpulkan Rp 730 Juta

Gandeng Baznas, Donasi & Zakat Shopee Kumpulkan Rp 730 Juta

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikInet
Selasa, 19 Mei 2020 20:08 WIB
Shopee
Donasi & Zakat Shopee Kumpulkan Rp 730 Juta (Foto: Reyhan Diandri Ghivarianto)
Jakarta -

Perusahaan e-Commerce Shopee membuka layanan program donasi dan zakat dengan menggandeng Badan Amil Zakat (Baznas) sejak awal April lalu. Layanan ini dibuka untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam beramal tanpa keluar rumah.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengungkapkan total donasi dan zakat yang terkumpul melalui program tersebut telah mencapai Rp 730.063.429 per tanggal 15 Mei 2020.

"Di tahun ini kita mencatat donasi dan zakat sebesar lebih dari Rp 730 juta yang kita selenggarakan bersama dengan Baznas dan BenihBaik. Program ini masih berlangsung, jika pengguna Shopee ingin berbagi juga langsung saja ke aplikasi Shopee," ungkap Handhika dalam konferensi pers di YouTube, Selasa (19/5/2020).

Menurut Handhika, Shopee juga bekerja sama dengan BenihBaik dalam menyebarkan bantuan berupa masker dan sembako. Kemudian Shopee juga memberikan stimulus sendiri, kepada para UMKM yang berdagang di dalam aplikasi.

"Kemudian selain donasi kita juga menyalurkan beberapa dukungan COVID-19 kepada para penjual atau UMKM dalam Shopee. Ini merupakan program stimulus kita, supaya mereka bisa terus berproduksi dan berpartisipasi dalam menggerakan ekonomi Indonesia," ungkapnya.

Handhika menuturkan jumlah total dari stimulus tersebut mencapai Rp 100 miliar. Stimulus dari Shopee ini pun telah dinikmati oleh ratusan ribu UMKM yang ada di Indonesia.

Kita memberikan lebih dari total Rp 100 miliar yang telah dinikmati sekarang oleh 200.000 UMKM di seluruh Indonesia," pungkas Handhika.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Baznas M Arifin Purwakananta menyampaikan pihaknya terus mendorong masyarakat untuk melaksanakan zakat serta berdonasi bagi mereka yang membutuhkan.

"Hari ini Baznas tetap mendorong pelaksanaan zakat dan donasi bagi mereka yang sekarang ini sangat membutuhkan dan bagi mereka yang terkena COVID-19. Itu menjadi tugas kita dan terus mengajak masyarakat Indonesia untuk peduli," ungkap Arifin.

Dengan kolaborasi bersama Shopee ini, Arifin berharap bahwa para konsumen yang tengah berbelanja di Big Ramadhan Sale dapat ikut menyebar kebaikan dari rumah.

"Kami juga berkolaborasi dengan Shopee Indonesia untuk mengajak para kustomer yang belanja untuk bisa ikut menyebar kebaikan. Dan selama di Big Ramadhan Sale di #ShopeeDariRumah ini saya kira pembayaran zakat dan donasi bisa dilakukan tanpa keluar rumah," jelas Arifin.

Menurut Arifin, saat ini para pengguna dapat berdonasi dengan mudah melalui aplikasi Shopee. Kemudian Baznas juga membuat fitur baru yaitu donasi dengan QR Code untuk mempermudah pembayaran dengan Shopee.

"Kita ada yang baru Shopee dan Baznas, sekarang menyediakan cara berzakat dengan lebih gampang dan mudah melalui scan QR Code yang bisa ditemukan di Web Baznas kemudian media sosial dan sebagainya yang disebarkan oleh Baznas," pungkas Arifin.

Arifin mengucapkan terima kasih kepada Shopee atas kolaborasinya dan para donatur yang telah menyebarkan kebaikan di bulan Ramadhan ini. Ia pun menyampaikan bahwa donasi dan zakat yang terkumpul sudah mulai dibagikan selama bulan Ramadhan ini, kepada masyarakat yang membutuhkan dan rencananya akan terus berlanjut hingga setelah bulan Ramadhan.

"Pencapaian hari ini luar biasa, kami berterima kasih kepada Shopee dan para donatur yang telah memberikan bantuannya. Karena kami telah menyebarkan melalui program paket logistik keluarga yang telah kami bagikan ke banyak titik untuk kelompok yang terdampak COVID-19, keluarga miskin, dan juga zakat fitrah yang telah disebarkan kepada ribuan mustahik di Jabodetabek dan tempat lainnya itu telah kami sebarkan selama bulan suci Ramadhan dan akan kita bantu juga setelah Ramadhan ini," pungkas Arifin.



Simak Video "Begini Perilaku 'New Normal' Pengguna Shopee Imbas COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)