#RealTalk Instagram, Cara agar Mental Kamu Tetap Waras

#RealTalk Instagram, Cara agar Mental Kamu Tetap Waras

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 19 Mei 2020 14:35 WIB
Ilustrasi Instagram
#RealTalk Instagram, Cara agar Mental Kamu Tetap Waras. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Tak bisa dipungkiri, kehidupan normal baru yang mengharuskan masyarakat menjalani sebagian besar rutinitas di rumah sambil memanfaatkan platform online, memunculkan tantangan tersendiri untuk perkembangan mental.

Di tengah perkembangan pandemi COVID-19 saat ini, menjaga kesehatan fisik dan mental menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh.

Merasa kesepian, cemas, stres, khawatir dengan interaksi negatif dari sesama netizen adalah beberapa dampak yang kini dirasakan banyak orang.

Memahami situasi tersebut, Instagram pun meluncurkan kampanye #REALTALK dan serangkaian fitur baru untuk mendorong lebih banyak interaksi positif di Instagram, terutama di kalangan anak-anak muda.

"Memastikan anak-anak muda merasa aman dan nyaman saat mengakses Instagram adalah hal yang penting bagi kami. Kami memahami isu bullying dan kesehatan mental adalah isu yang kompleks bagi anak muda di era digital, terutama di tengah pandemi COVID-19," kata Head of Public Policy Instagram APAC Philip Chua, dalam video konferensi peluncuran Instagram #REALTALK, Selasa (19/5/2020).

Disebutkan Philip, melalui kampanye #REALTALK, Instagram ingin membantu anak muda di Indonesia terhubung dengan sumber informasi terpercaya dari para pakar dan organisasi kredibel yang bisa menginspirasi dan menyemangati mereka dalam menjalani masa sulit di tengah situasi pandemi dan kehidupan normal baru.

"Ini adalah salah satu upaya berkelanjutan kami dalam mendukung visi dan misi para komunitas dan organisasi kesehatan mental dan menghubungkan anak muda dengan informasi terpercaya. Kami juga ingin memastikan para pengguna memiliki kendali penuh dalam menciptakan interaksi yang positif di Instagram melalui peluncuran serangkaian fitur baru kami hari ini," jelasnya.

Dalam kampanyenya ini, Instagram menggandeng komunitas anti bullying Sudah Dong, aplikasi kesehatan mental Riliv, dan penyanyi Ariel Tatum yang dikenal aktif mengedukasi kesehatan mental dan cyber bullying.

Beberapa kegiatan dalam kampanye #REALTALK Instagram ini antara lain:

- Mencegah peningkatan cyberbullying

Instagram dan Sudah Dong bekerja sama untuk membantu mencegah terjadinya peningkatan kasus cyberbullying di kalangan anak muda yang dapat disebabkan oleh meningkatnya penggunaan platform online saat ini.

Bersama dengan Sudah Dong, Instagram meluncurkan booklet anti-bullying bernama #REALTALK yang dirancang sebagai sumber informasi untuk membantu anak muda membangun interaksi positif baik online maupun offline.

Setelah pandemi berakhir, Sudah Dong juga akan mengadakan acara penyuluhan anti-bullying di 10 Sekolah Menengah Pertama yang tersebar di area Jabodetabek. Booklet #REALTALK sudah bisa diakses di situs Sudah Dong: sudahdong.com/realtalkbooklet



Simak Video "Instagramnya Sempat Diretas, Ini Cerita Nindy"
[Gambas:Video 20detik]