Mengenal Wilbur Scoville, Sosok yang Jadi Inspirasi Game Google Doodle

Mengenal Wilbur Scoville, Sosok yang Jadi Inspirasi Game Google Doodle

Puti Yasmin - detikInet
Senin, 04 Mei 2020 18:39 WIB
Google Doodle
Wilbur Scoville (Foto: Screen Capture Google Doodle)
Jakarta -

Tampilan Google Doodle hari ini, Senin (4/5/2020) menampilkan game Scoville. Permainan tersebut terinspirasi dari seseorang bernama Wilbur Scoville.

Dalam permainan tersebut, pengguna akan diajak untuk mengenal tingkat kepanasan atau heat scale. Selain itu, pengguna juga akan bermain dengan es krim melawan cabai dan paprika.

Fakta-fakta Wilbur Scoville:

1. Ilmuwan

Pria yang akrab disapa Scoville merupakan seorang ilmuwan, dan apoteker. Ia lahir di Bridgeport, Amerika Serikat pada 22 Januari 1865.

Dia memiliki dua orang anak dari pernikahannya dengan Cora B Upham. Mereka melangsungkan janji suci pada 1 September 1891 di di Massachusetts, Amerika Serikat.

2. Ciptakan Tes Ukur Kepedasan

Ia bekerja di perusahaan farmasi di Detroit. Selama bekerja, ia menciptakan tes ukur kepedasan yang dikenal dengan nama 'The Scoville Organoleptic Test.

Dalam tes tersebut, ia mencampur beberapa bahan panas seperti paprika dan cabai dan ditambah dengan air gula hingga rasa panas atau pedas tersebut hilang.

3. Buat Buku

Wilbur Scoville juga dikenal sebagai penulis. Ia menulis buku berjudul 'The Art of Compounding' sebagai referensi dari farmakologis. Selain itu, ada juga buku ciptaannya berjudul 'Ekstrak and Parfum'.

4. Dapat Penghargaan

Berkat kemampuannya, di tahun 1922 Scoville meraih Ebert Prize dari American Pharmaceutical Association. Kemudian, di tahun 1929 ia mendapatkan Remington Honor Medal serta gelar Doktor dari Columbia University.

5. Jadi Inspirasi Game

Nama Wilbur Scoville pun semakin dikenal dan menjadi inspirasi game di Google Doodle. Permainan tersebut memperlihatkan animasi seorang pria menggunakan jas putih dan menjelaskan tingkat pedas paprika hingga cabai.



Simak Video "Mengenal Subak Bali yang Jadi Google Doodle Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)