Cara Baru Unlock Smartphone: Pakai Earbud

Cara Baru Unlock Smartphone: Pakai Earbud

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 30 Apr 2020 19:39 WIB
earbud
Cara Baru Unlock Smartphone: Pakai Earbud. (Foto: Alvaro Navarro)
Jakarta -

Ada banyak cara menambahkan lapisan keamanan perangkat agar tidak mudah di-unlock atau diakses orang lain. Mulai dari PIN, menggambar pola, sidik jari, hingga pengenalan wajah kini umum digunakan di smartphone masa kini. Yang terbaru, ada cara unlock menggunakan pakai earbud.

Didesain oleh Alvaro Navarro, earbud atau earphone yang baru sebatas konsep ini ingin menjadi solusi ketika orang-orang di masa pandemi cukup sulit menerapkan keamanan tambahan menggunakan pengenalan wajah.

Cara unlock menggunakan pengenalan wajah dan sensor sidik jari cukup banyak digunakan para pengguna smartphone. Namun karena di masa pandemi orang menggunakan masker dan sarung tangan, akan merepotkan bagi pengguna jika harus melepasnya dulu.

Inilah yang menginspirasi Alvaro Navarro mendesain earbud yang bisa sekaligus digunakan untuk unlock ponsel. Cukup tap earbud, dan ponsel akan terbuka.

"Cara ini nyaman, karena earbud wireless ini dibekali sensor sentuh, mudah digunakan, bisa bekerja dengan hampir semua smartphone," tulis Alvaro Navarro seperti dikutip dari Yanko Design.

Berdasarkan deskripsi Alvaro Navarro, earbud ini tetap menggunakan sidik jari untuk otentikasi dengan ponsel pertama kali. Selanjutnya, pengguna tinggal tap earphone tersebut ketika akan membuka ponsel. Jarak antara earphone dan smartphone pun harus cukup dekat agar berfungsi dengan baik.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, earbud ini baru sebatas konsep desain. Menurut kalian, apakah ide ini layak dipertimbangkan? Apakah akan memudahkan atau malah merepotkan?



Simak Video "Suramnya Industri Ponsel Dihantam Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)