Tokopedia Hadirkan Fitur Belanja Sekali Klik

Tokopedia Hadirkan Fitur Belanja Sekali Klik

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 27 Apr 2020 21:39 WIB
Pelatihan coding bagi Office Boy Tokopedia
Tokopedia Hadirkan Fitur Belanja Sekali Klik (Foto: Tokopedia)
Jakarta -

Menyambut bulan Ramadhan, Tokopedia menghadirkan dua fitur baru untuk memudahkan pelanggannya saat belanja online. Kedua fitur tersebut adalah Beli Langsung dan Tokopedia Play.

Fitur Beli Langsung memungkinkan pengguna Tokopedia untuk mempersingkat proses pembelian. Jika proses check out biasa membutuhkan enam kali klik, dengan fitur Beli Langsung hanya butuh sekali klik.

"Fitur ini bertujuan untuk memudahkan prose belanja pengguna Tokopedia dengan cara menggabungkan detail barang, pengiriman dan pembayaran dalam satu halaman saja," kata Head of Product Purchase Platform Tokopedia Deo Nathaniel dalam wawancara virtual, Senin (27/4/2020).

Jika sebelumnya pengguna harus memasukkan alamat dan metode pengiriman serta metode pembayaran secara manual di halaman terpisah, dengan fitur Beli Langsung pengguna bisa langsung memasukkan detail di atas secara otomatis. Sistem Tokopedia akan mengisinya secara otomatis mengikuti preferensi dan histori belanja pengguna.

Walau terisi secara otomatis, pengguna bisa mengubah detail pesanan dengan cara manual. Pengguna juga bisa menyimpan lima preferensi metode pengiriman dan pembayaran sesuai keinginan.

Deo mengatakan fitur ini tidak akan menggantikan proses check out reguler yang saat ini digunakan oleh semua pengguna Tokopedia, tapi sebagai fitur pendamping bagi pengguna yang ingin membeli sesuatu dengan lebih cepat.

"Ini khusus untuk pembeli yang ingin satu barang saja, lebih untuk pembelian yang impulsif dan ingin cepat-cepat. Kalau misalnya ingin beli lima barang sekaligus dari satu seller bisa lewat check out reguler," jelas Deo.

Tampilan Tokopedia PlayTampilan Tokopedia Play Foto: Dok. Tokopedia

Fitur kedua adalah Tokopedia Play, konten video live yang tujuannya memudahkan pengguna untuk memilih produk yang hendak dibeli. Head of Product Tokopedia Play Cynthia Limin mengatakan video ini dibuat bersama penjual dan influencer untuk mendemonstrasikan produk tersebut secara langsung sekaligus menjawab pertanyaan pengguna.

Fitur ini sebenarnya telah diluncurkan sejak sebulan lalu. Tokopedia pun berhasil menggaet brand dan influencer ternama untuk mengisi kontennya, seperti Google yang mempromosikan speaker pintar Nest.

"Segampang itu sambil nonton, sambil pilih produk dan kita juga bisa sambil bayar. Secara variasi konten kami terus berusaha menampilkan berbagai kategori dan juga membuat interaksi yang lebih menarik," pungkas Cynthia.



Simak Video "Tokopedia Jawab Soal Kebocoran 15 Juta Data Pengguna"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)