Jack Ma: e-Commerce Jadi Kunci Bertahan di Tengah Pandemi

Jack Ma: e-Commerce Jadi Kunci Bertahan di Tengah Pandemi

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 22 Apr 2020 09:33 WIB
jack me
Jack Ma: e-Commerce Jadi Kunci Bertahan di Tengah Pandemi. Foto: Getty Images
Jakarta -

Pendiri Alibaba Jack Ma menyebutkan, dalam situasi pandemi seperti yang terjadi saat ini, aktivitas ekonomi via internet menjadi penopang, dan internet benar-benar diandalkan sebagai teknologi masa depan.

"Tidak ada negara, perusahaan, atau lembaga yang bisa diisolasi dari internet," kata Jack Ma dalam wawancara secara virtual dengan China Media Group.

Dia menambahkan, setiap orang harus memahami masa depan dan meningkatkan sistem ekonomi negara melalui teknologi dan ide-ide untuk masa depan.

"Menurut saya, pandemi ini tidak berlangsung dalam waktu singkat dan hanya bisa hilang dengan bergantung pada terobosan teknologi, inovasi dan riset medis. Jadi kita harus membuat persiapan panjang," ujarnya seperti dikutip dari CGTN.

Meski ada banyak ketidakpastian seputar dampak ekonomi, Jack Ma mengingatkan bahwa ada satu hal yang pasti: pandemi ini akan mengubah cara kita melakukan bisnis dalam jangka panjang.

Orang-orang secara bertahap beralih dari belanja di toko fisik ke online. Kebiasaan itu tidak akan hilang begitu saja ketika pandemi berakhir.

Jack MaWawancara virtual Jack Ma dengan China Media Group CGTN. Foto: Screenshot

Menurut Jack Ma, menerapkan teknologi e-commerce yang nyaman dan andal menjadi kunci mempertahankan pelanggan dan memanfaatkan perubahan perilaku konsumen yang bergerak maju. Artinya, orang-orang dituntut menemukan cara inovatif untuk beradaptasi dengan situasi saat ini.

"e-Commerce akan menjadi kunci bagi sebuah perusahaan bertahan hidup, bagi negara-negara untuk makmur, dan bagi ekonomi dunia untuk mendapatkan dorongan. Virus ini adalah sinyal bagi dunia, meningkatkan alarm bagi negara-negara di seluruh dunia untuk meningkatkan langkah mereka memperkuat sistem ekonomi mereka," jelasnya.

Ditambahkannya, dalam situasi saat ini, mungkin kita tidak bisa membiarkan semua hal terhenti begitu saja. Tapi, inilah saatnya beradaptasi, berevolusi dan bergerak maju.

Dalam perjuangan melawan COVID-19, Jack Ma berharap dirinya bisa memengaruhi lebih banyak orang di dunia untuk bergerak bersama dan membangkitkan lebih banyak kesadaran sosial.



Simak Video "Jack Ma Bicara Soal Kunci Sukses Lawan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)