Selebgram Ramai-ramai Endorse Gratis Bantu UKM Terdampak Pandemi

Selebgram Ramai-ramai Endorse Gratis Bantu UKM Terdampak Pandemi

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 17 Apr 2020 19:19 WIB
Pizza Delivery. Courier Giving Woman Boxes With Food Outdoors. Client Receiving Order. High Resolution
Selebgram Ramai-ramai Endorse Gratis Bantu UKM Terdampak Pandemi. (Foto: iStock)
Jakarta -

Imbauan untuk menjaga jarak (physical distancing) dan gerakan di rumah aja, turut berdampak pada bisnis UMKM. Sejumlah selebgram dan influencer pun berinisiatif membantu dengan menawarkan endorse gratis.

"Terlepas dari masa krisis yang terjadi saat ini, Instagram melihat adanya kepedulian tinggi di antara masyarakat Indonesia yang saling membantu mempertahankan kelangsungan bisnis para pelaku UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia," tulis Instagram seperti dikutip dari keterangan resminya, Jumat (17/4/2020).

Banyak dari para pelaku UMKM yang bahkan menunjukkan dukungan mereka bagi bisnis UMKM lainnya dengan berbagi tips tentang kiat bertahan di tengah pandemi.

Selain itu, para public figure Indonesia juga mulai menginisiasi program promosi gratis di akun Instagram mereka, guna membantu UMKM lokal bertahan.

Bagi konsumen, hal ini juga memudahkan mereka saat perlu mencari inspirasi membeli makanan, minuman atau produk lainnya selama mereka berada di rumah.

Siapa saja public figure yang menggunakan akunnya untuk mendukung UMKM? Berikut ini daftarnya.

  • Konten kreator seperti Hans Danial (@eatandtreats), Julia & Marius (@anakjajan), Alexander Thian (@amrazing), dan Ario Pratomo (@sheggario) mendedikasikan sebuah postingan feed bagi para UKM yang bergerak di industri makanan dan minuman untuk mempromosikan bisnis mereka pada kolom komen.
  • Tyna Kanna Mirdad (@tynakannamirdad) dan Nana Mirdad juga memberikan kesempatan bagi UKM lokal yang bergerak di industri makanan dan minuman untuk me-mentionnya di Stories. Selama 2 minggu, setiap harinya Tyna akan memilih 5 UKM lokal untuk di-repost pada Stories-nya. Selain itu, Tyna juga mendedikasikan satu buah postingan feed sebagai tempat bagi para UKM lokal dari berbagai industri untuk mempromosikan bisnis mereka masing-masing melalui kolom komentar.
  • Ashanty (@ashanty.ash), Aurelie Hermansyah (@aurelie.hermansyah), Feby Febiola (@febyfebiola_), Vebby Palwinta (vebbypalwinta) menyampaikan bentuk dukungan mereka kepada para UKM lokal dengan memberikan jasa endorsement gratis.
  • Ayu Dewi memanfaatkan hashtag #DiRumahAjaKeren dan membuat sebuah akun baru bernama @dirumahajakeren yang berisi kumpulan endorsement gratis bagi para UKM. UKM yang ingin di-endorse oleh akun ini hanya perlu mention dan menggunakan hashtag tersebut.
  • Ernest Prakasa (@ernestprakasa) menginisiasi gerakan #MakanApaHariIni dengan mengajak para pemilik bisnis makanan dan minuman yang berada di Jakarta mengirimkan informasi seputar bisnis mereka. Ernest akan memilih 3 bisnis yang akan dipromosikan secara gratis melalui postingan feed-nya. Gerakan ini merupakan salah satu upaya Ernest membantu kelangsungan bisnis makanan dan minuman serta penghasilan para driver ojek online.


Simak Video "Instagramnya Sempat Diretas, Ini Cerita Nindy"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)