Paus Fransiskus Sebut Pandemi Corona Respon Alam Atas Perubahan Iklim

Paus Fransiskus Sebut Pandemi Corona Respon Alam Atas Perubahan Iklim

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 09 Apr 2020 17:15 WIB
paus francis
Menurut Paus Fransiskus, pandemi corona karena manusia abai dengan alam. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Paus Fransiskus menyebut pandemi Corona adalah respon alam, ia juga menyebut manusia telah lalai dalam mengatasi krisis yang dialami alam. Dalam e-mailnya kepada The Table and Commonwealth, ia menuturkan alasannya.

Paus mengatakan wabah itu mungkin adalah kesempatan untuk memperlambat laju produksi dan konsumsi manusia, serta belajar untuk memahami alam.

"Kita tidak menanggapi sebagian bencana. Siapa yang sekarang berbicara tentang kebakaran di Australia, atau ingatkah bahwa 18 bulan yang lalu sebuah kapal dapat melintasi Kutub Utara karena gletsernya telah meleleh? Siapa yang sekarang berbicara tentang banjir? Aku tidak tahu apakah ini balasan alam, yang pasti ini adalah respon alam," ucapnya.

Tak hanya itu, ia juga mengkritik tanggapan terhadap wabah dengan mengatakan para tunawisma harusnya bisa dikarantina di hotel dan bukan di tempat parkir. Paus menuturkan ini adalah waktu yang tepat untuk memperhatikan mereka yang membutuhkan.

"Sebuah foto muncul di suatu hari di tempat parkir di Las Vegas di mana mereka (para tunawisma) telah dikarantina. Dan hotel-hotel yang ada kosong. Tetapi para tunawisma tidak dapat pergi ke sebuah hotel," kata Paus, dikutip dari CNN.

Paus Fransiskus yang berusia 83 tahun ini sebelumnya pernah mengalami masalah kesehatan paru-paru di usia 20-an. Karena ia termasuk kategori orang yang rentan dengan virus corona, ia pun sempat menjalani tes corona. Syukurlah, hasil tes yang dia jalani dua kali adalah negatif.

Paus Fransiskus juga telah melakukan physical distancing dari orang-orang yang mungkin menjadi carrier, ia juga makan di ruang privat, menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah bertemu dengan tamu.



Simak Video "Paus Fransiskus Sedih Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)