Instagram Tutup Akun Pembuat Meme karena Sebar Hoax Corona

Instagram Tutup Akun Pembuat Meme karena Sebar Hoax Corona

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 31 Mar 2020 14:39 WIB
ilustrasi instagram
Instagram Tutup Akun Pembuat Meme karena Sebar Hoax Corona (Foto: Carl Court/Getty Images)
Jakarta -

Sebuah akun meme dengan 14 juta follower diblokir oleh Instagram karena menyebarkan misinformasi terkait virus corona.

Akun tersebut adalah @bestmemes, dan ia memposting screenshot kicauan palsu dari Presiden AS Donald Trump dan mantan presiden Barack Obama. Kedua postingan itulah yang membuat @bestmemes diblokir oleh Instagram.

Dalam screenshot tersebut tertulis pesan yang kira-kira berbunyi: Jika negara bagian anda dikarantina karena virus corona, Anda berhak mendapat USD 1.000 lewat PayPal setelah mengisi survei #StayAtHome.

"Due to the coronavirus, if your state is currently under lockdown, you are eligible for $1,000 via @PayPal by completing the #StayAtHome survey. Stay strong everyone."

Postingan tersebut juga memperlihatkan gambar yang menunjukkan sebuah akun PayPal dengan isi rekening berjumlah USD 1.448,71. Para followernya lalu diajak untuk mengklik link di profil @bestmemes, yang mengarahkan mereka ke sebuah survei berisi tiga pertanyaan.

Sebenarnya Instagram hanya menghapus postingan tersebut, tepatnya pada Minggu malam (29/3/2020). Namun postingan serupa dengan wajah Obama kembali muncul dan terus menilai 'like' dari pengguna lain. Kemudian akhirnya Instagram pun menutup akun tersebut.



Simak Video "Pemosting Status FB 'Doakan Paramedis Kena Corona' Dibekuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)