Selengkap Apa Situs COVID-19 Versi Pemerintah?

Selengkap Apa Situs COVID-19 Versi Pemerintah?

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 19 Mar 2020 12:01 WIB
Website Virus Corona Resmi Indonesia
Selengkap Apa Situs COVID-19 Versi Pemerintah? (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah meluncurkan situs resmi mengenai virus corona untuk menjadi rujukan informasi nasional. Selengkap apakah website ini untuk masyarakat?

Situs resmi ini diumumkan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo kepada wartawan, Rabu (18/3) kemarin. www.covid19.go.id ditargetkan menjadi satu pintu informasi soal virus corona.

"Kami menyadari masyarakat butuh akses pada informasi akurat, cepat, dan terpercaya. Untuk itulah mengapa situs www.covid19.go.id ini dibuat agar bisa menjadi sumber informasi resmi satu pintu," kata Doni.

detikINET pun menjajal kelengkapan informasi dalam website ini, Kamis (19/3/2020). Halaman mukanya menampilkan tagline Lindungi Diri, Lindungi Sesama. Di bagian atas ada navbar Beranda, Langkah Penting, Info Penting, Materi Edukasi, Tanya Jawab dan Hoaks Buster. Di ujung kanan atas ada nomor hotline COVID-19 yaitu nomor telepon 119 ext 9.


Navbar ini terkait dengan menu-menu yang tersedia di halaman muka jika kita scroll down. Di bagian tengah ada 3 hal penting untuk diketahui masyarakat yaitu cara mengurangi risiko, informasi yang benar dan langkah-langkah kalau sakit. Masing-masing memiliki halaman detilnya.

Di bawahnya lagi ada materi edukasi. Lalu situasi virus corona terbaru di level global dan Indonesia. Kemudian diikuti Info Penting yang merupakan kompilasi berita dan arahan terbaru.

Bagian bawahnya ada Pelacak Aksi Positif berupa berapa hoax ditangkal jumlah FAQ terjawab dan berapa orang bertanya. Paling bawah ada Tanya Jawab dan Hoax Buster yang juga tersedia dalam navbar di bagian paling atas.

Hoax Buster berisi daftar aneka hoax terkait virus corona. Tapi entah kenapa setiap postingannya terduplikasi sampai 4 kali. Sementara Tanya Jawab berisi 43 pertanyaan yang cukup komprehensif.

Selengkap Apa Situs COVID-19 Versi Pemerintah?Sempat down (Screenshot)


Masalahnya, website ini sempat juga down dan perlu di-refresh beberapa kali sebelum bisa diakses kembali. Mengingat akan ada banyak orang mengakses website ini, BNPB selaku pengelola wajib menambah bandwith dan cara-cara lain untuk mengantisipasi lonjakan traffic.

Untuk bagian kritiknya, layout website ini perlu diperbaiki. Situasi virus corona terkini berupa jumlah kasus, kematian dan kesembuhan, semestinya ditaruh di bagian paling atas.

Masyarakat lebih butuh informasi itu dari pada semboyan. Semboyan tidak perlu besar-besar, cukup di sudut kiri atas di sebelah logo Garuda Pancasila. Yang juga belum ada di website ini namun dibutuhkan masyarakat adalah daftar RS rujukan dan peta sebaran kasus virus corona di Indonesia.

Kesimpulannya, website ini sangat informatif, namun masih bisa dikembangkan dengan lebih baik lagi. Semoga saja website ini akan terus diupdate dari sisi informasi dan fitur-fiturnya. Adalah penting bagi masyarakat memiliki rujukan resmi dari pemerintah untuk informasi virus corona.



Simak Video "Naik 687 Kasus, Kasus Covid-19 di RI Jadi 25.216"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/agt)