Bill Gates Desak Pemimpin Dunia Bertindak Atasi Corona

Bill Gates Desak Pemimpin Dunia Bertindak Atasi Corona

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 04 Mar 2020 07:13 WIB
Bill Gates
Foto: Reuters
Jakarta -

Virus corona terus menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Bill Gates yang dikenal aktif di dunia kesehatan, menyarankan agar para pemimpin dunia bergerak mengatasi persoalan ini.

Corona menurut Gates adalah sebuah wabah yang harus diselesaikan karena sudah menjadi ancaman serius bagi dunia.

Gates menyebutkan corona ini seperti panthogen yang melanda sekali dalam seabad. Meskipun Pendiri Microsoft ini tetap berharap persoalan Covid-19 bisa diatasi.

Harapan tersebut ada tatkala para pemimpin dunia bertindak. Pandangan tersebut dipaparkan Gates dalam artikelnya di The New England Journal of Medicine.

Dan, Global Citizen pun telah merangkum lima poin penting untuk para pemimpin dunia, termasuk negara yang berdampak, dalam merespon corona ini, yaitu sebagai berikut:

1. Negara Kaya Harus Membantu Negara Miskin

Negara-negara miskin berada dalam bahaya paling besar saat ada wabah menghantui. Gates mengatakan itu berkaitan dengan sistem kesehatan.

Dia berpendapat bahwa negara-negara kaya harus mendukung negara yang ada di Afrika dan Asia Selatan segera untuk memperlambat penyebaran virus ini.

2. Uji Coba Vaksin Harus Dipercepat

Saat ini para ilmuwan dunia terus berupaya mencari vaksin dari coronavirus. Dengan ditemukannya vaksin, penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China, itu bisa diredam.

Ketika corona mewabah, ilmuwan telah mengembangkan uji coba pada delapan vaksin yang itu dilakukan pada awal Juni. Gates mendesak agar uji coba vaksin tersebut harus dipercepat.

3. Sistem Layanan Kesehatan Harus Diperkuat

Gates juga meminta para pemimpin dunia mengatasi tantangan jangka pendek dan jangka panjang terkait corona.

Disebutkan salah orang terkaya dunia itu, negara-negara yang memiliki penghasilan rendah harus didukung untuk membangun sistem kesehatan yang kuat dalam memerangi wabah.

"Ketika Anda membangun klinik kesehatan, Anda juga menciptakan bagian dari infrastruktur untuk memerangi epidemi," tulisnya.


4. Pentingnya Diplomasi Internasional

Di saat pengembangan vaksin terus berjalan, pertanyaan lain kemudian muncul: Apa cara cepat yang bisa dilakukan suatu negara mendapatkan vaksin lintas negara?

Gates berpendapat bahwa cara terbaik untuk mencapai konsesus adalah dengan menggunakan forum global yang sudah ada sebelumnya, seperti WHO.

5. Pendanaan Dibutuhkan Segera

Gates mengatakan dibutuhkan dana miliaran dollar untuk mempercepat pengembangan dan peluncuran vaksin. Itu harus datang dari pemerintah yang mendorong sektor swasta untuk berinvestasi.

Dan, yang paling penting, pendanaan tersebut untuk daerah-daerah yang dinilai paling rentan terkena virus.

"Selama pandemi, vaksin dan antivirus tidak begitu saja dijual kepada penawar tertinggi. Mereka (vaksin) harus tersedia dan terjangkau bagi orang-orang yang berada di jantung wabah dan sangat membutuhkan," pungkasnya.

(agt/fay)