Jumat, 24 Jan 2020 19:04 WIB

Keamanan WhatsApp Dipertanyakan Gegara Ponsel Orang Terkaya Bobol

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jeff Bezos dan kekasihnya, Lauren Sanchez. Foto: Associated Press

Namun demikian, tudingan itu langsung dibantah oleh pihak NSO. "Seperti yang sudah kami sebutkan, teknologi kami tidak digunakan dalam hal ini," kata mereka.

"Kami tahu soal ini karena terkait bagaimana software kami bekerja dan teknologi kami tidak bisa digunakan di nomor ponsel AS. Produk kami hanya digunakan untuk menginvestigasi teror dan kriminalitas serius," tambah NSO.

Lalu teknologi siapa sebenarnya di balik serangan tersebut? Meski belum ada jawaban pasti, persoalan ini kembali menambah keraguan soal keamanan WhatsApp.

Bahkan pejabat di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) ternyata tidak menggunakan WhatsApp sebagai sarana komunikasi. Itu karena layanan milik Facebook tersebut dianggap kurang aman.

"Pejabat resmi di PBB diinstruksikan untuk tidak menggunakan WhatsApp, ia tidak didukung sebagai sebuah mekanisme yang aman," kata juru bicara PBB, Farhan Haq.

WhatsApp pun angkat bicara soal tudingan itu. "Setiap pesan privat dilindungi dengan enkripsi end to end untuk mencegah WhatsApp atau yang lain melihat pesan itu," kata WhatsApp tentang keamanan layannya.

"Teknologi penyandian yang kami kembangkan dengan Signal dianggap tinggi oleh ahli keamanan dan masih tetap yang terbaik bagi orang-orang di seluruh dunia," klaim mereka.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(fyk/fay)