Rabu, 22 Jan 2020 19:15 WIB

Mengenal Sosok Jack Ma dan Bill Gates yang Diklaim Sunda Empire

Fino Yurio Kristo - detikInet
Bill Gates dan Jack Ma. Foto: Getty Images

Pada usia 20-an tahun, bertambah lagi kenakalannya. Gates memutuskan drop out dari Harvard University. Dia ingin membangun kerajaan bisnis software bersama Paul Allen.

Kala umurnya baru menginjak 22 tahun, Gates pernah ditangkap polisi karena ngebut melebihi batas kecepatan di Albuquerque, New Mexico pada bulan December 1977. Ia memang belum punya SIM kala itu."Saya kira drop out kuliah bukan ide yang bagus. Saya senang bisa menempuh kuliah meski hanya dua setengah tahun. Saya melengkapi beberapa kuliah dengan kursus online," kata Gates dalam sebuah pidato di Universitas Chicago.

Sahabatnya yang juga pendiri Microsoft, Paul Allen menuturkan, Gates memang suka kebut-kebutan dan bukan sekali saja berurusan dengan polisi. Menurutnya itu adalah pelampiasannya setelah begitu keras bekerja demi kejayaan Microsoft.

Ya perlu diingat dengan segala kebandelannya, Gates adalah pekerja keras sejati dan otaknya pun encer. Sering dia melakukan coding bermalam-malam tanpa tidur, sangat gigih untuk mencapai tujuannya.

Dan pilihan Bill Gates untuk drop out memang tepat baginya. Ia bisa fokus mengembangkan Microsoft yang kemudian berjaya sebagai produsen software komputer terbesar di dunia.

Sistem operasi Windows sampai sekarang masih sangat dominan dipakai di mayoritas komputer. Dan belum ada pesaing yang cukup berarti. Bill pun kerap dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Hartanya kini diestimasi lebih dari USD 100 miliar.

"Saya mengambil langkah raksasa dan segera. Jika Anda berada di tempat dan waktu yang tepat dan memiliki visi ke mana teknologi baru akan menuju namun Anda tidak beraksi, Anda tidak akan pernah bisa sukses," tegas Gates.

Sudah tak aktif di Microsoft sejak tahun 2000, Bill sekarang bersama istrinya sangat aktif di kegiatan kemanusiaan. Yayasan Bill & Melinda Gates Foundation kabarnya adalah yayasan amal terbesar di dunia.

Jack Ma

Jack Ma, pendiri perusahaan e-commerce Alibaba yang baru saja pensiun tahun silam, adalah salah satu manusia terkaya di dunia. Hartanya sekitar USD 44 miliar menurut Forbes. Padahal dulu Jack Ma ini pernah ditolak kerja puluhan kali dan kesulitan masuk universitas.

"Ada ujian bagi anak muda untuk masuk ke universitas. Aku gagal tiga kali. Aku memang banyak gagal. Aku mendaftar 30 pekerjaan dan ditolak semua. Aku pernah melamar jadi polisi dan dibilang kamu kurang bagus," katanya dalam wawancara dengan Bloomberg yang dikutip detikINET.

"Aku bahkan melamar ke KFC ketika mereka buka di kotaku. Ada 24 orang yang melamar pekerjaan di sana. 23 orang diterima. Akulah satu-satunya yang gagal," tambah Ma menceritakan keakrabannya dengan kegagalan.

Tapi Ma tetap pantang menyerah dan optimistis. Latar belakang keluarganya yang biasa-biasa saja juga tidak menyurutkan langkahnya menggapai keberhasilan.

Mengenal Sosok Jack Ma dan Bill Gates yang Diklaim Sunda EmpireJack Ma muda. Foto: istimewa

Ma lahir di Hangzhou, Zhejiang, China pada 10 September 1964 atau 50 tahun lampau. Dia punya seorang kakak laki-laki dan adik perempuan. Ma tumbuh pada zaman China terisolasi karena komunisme dan keluarganya tak punya banyak uang.

Seperti kebanyakan orang tua di China, ayah ibu Ma mendidiknya dengan keras, tak jarang dengan pukulan. Tapi Ma mengaku menikmati masa kecilnya.

Di sekolah, Ma meski badannya kecil suka berkelahi dengan teman sekelasnya. "Aku tak pernah takut melawan orang yang lebih besar," kata dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3