10 Produk Teknologi yang Mati di Tahun 2019 - Halaman 2

10 Produk Teknologi yang Mati di Tahun 2019

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 28 Des 2019 18:07 WIB
10 Produk Teknologi yang Mati di Tahun 2019 Foto: DW (News)

4. iTunes untuk Mac

Aplikasi iTunes untuk Mac dan Windows dikenal lambat dan penuh bug karena Apple menaruh banyak fitur dalam satu aplikasi. Begitu MacOS Catalina meluncur beberapa bulan yang, Apple pun menghilangkan aplikasi iTunes dari sistem operasi tersebut, dan dipisah menjadi tiga aplikasi berbeeda yaitu Music, Podcasts dan TV.

5. BBM untuk Konsumen

Siapa yang tidak BlackBerry Messenger (BBM)? Aplikasi ini merupakan salah satu pelopor mobile messaging yang kemudian dikalahkan oleh popularitas WhatsApp.

Pada tahun 2016, BBM kemudian digaet oleh PT Elang Mahkota Teknologi atau Emtek menggaet BBM pada 2016 senilai USD 207,5 juta selama enam tahun untuk memiliki hak brand, properti intelektual dan lisensi teknologi. Setelah popularitasnya makin meredup, layanan konsumen BBM kemudian dimatikan pada 31 Mei 2019.

6. Yotaphone

Yotaphone adalah vendor smartphone asal Rusia yang dikenal dengan desain uniknya. Ponsel buatan Yotaphone hadir dengan dua layar, yaitu layar ponsel tradisional di satu sisi dan layar E-ink di sisi yang lain.

Sayangnya, karena harus melawan berbagai kasus hukum, Yotaphone mendeklarasikan bangkrut dan semua asetnya akan dilikuidasi.

7. Facebook Moments

Tahun 2015, Facebook meluncurkan aplikasi bernama Moments. Lewat Moments, penggunanya bisa mengetahui riwayat foto, menyusunnya sesuai event, dan mengindetifikasi wajah teman-teman pengguna agar lebih mudah membagikannya secara langsung dengan mereka.

Sayangnya setelah diluncurkan minat terhadap aplikasi itu tidak memuaskan. Saking sepinya peminat, Moments resmi dimatikan Facebook pada 25 Februari.