Kamis, 26 Des 2019 12:54 WIB

Sinyal HP Jelek, Warga Siak Susah Posting Foto Gerhana

Chaidir Anwar Tanjung - detikInet
Sinyal HP jelek, warga Siak susah posting foto gerhana (Agus Setyadi/detikcom) Sinyal HP jelek, warga Siak susah posting foto gerhana (Agus Setyadi/detikcom)
Jakarta - Warga Siak menonton bersama Gerhana Matahari Cincin. Namun karena sinyal HP jelek, mereka susah posting suasana di media sosial.

Sinyal seluler di Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak Riau sangat buruk. Masyarakat yang hadir untuk melihat gerhana matahari cincin (GMC) kecewa karena tak bisa menyampaikan fenomena ini ke dunia medsos.

"Sangat buruk sinyal seluler kita di lokasi ini. Kita hanya lancar untuk telepon saja," kata Rahman warga dari Pekanbaru di lokasi GMC kepada detikcom, Kamis (26/12/2019).

Masyarakat sangat menyayangkan tidak adanya persiapan yang penuh terkait penggunaan seluler di lokasi. Ramainya masyarakat di lokasi GMC, membuat kecepatan data akses internet menjadi lambat.



"Kita buka medsos di lokasi sangat susah. Mengirim pesan lewat WA juga susah. Kirim foto lewat WA sudah 30 menit tidak bisa terkirim," kata Elis warga lainnya.

Padahal warga yang ada di lokasi, ingin berkirim kabar ke kepada warga lainnya lewat medsos. Sayangnya jaringan seluler sangat tidak maksimal di lokasi.

"Mestinya panitia sudah memikirkan akan ramainya warga di sini sehingga jaringan seluler bisa digunakan secara maksimal. Sekarang kita tidak bisa berbuat apapun untuk bermedsos," kata Harun warga lainnya.



Simak Video "Penampakan Gerhana Matahari Cincin di Berbagai Penjuru Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(cha/fay)