Selasa, 10 Des 2019 07:00 WIB

Negara dengan Kamera CCTV Pengawas Terbanyak di Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: Pool (The Sun) Ilustrasi. Foto: Pool (The Sun)
Jakarta - Negara mana yang punya kamera CCTV untuk pengawasan terbanyak di dunia? Untuk soal angka, China adalah jawaranya. Tapi jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, China sebenarnya kalah dari Amerka Serikat.

Laporan dari biro sekuriti Precisescurity menyebut bahwa kamera CCTV yang diinstal di China berjumlah 200 juta, dibandingkan AS hanya 50 juta. Namun jika ditelaah, ada 15,28 kamera per 100 penduduk di AS, sedangkan di China jumlahnya sedikit lebih rendah, yaitu 14,36 kamera per 100 penduduk.

Negara lain yang punya kuantitas kamera CCTV terbesar adalah Jerman, Inggris dan Jepang di posisi 5 besar, di belakang China dan AS. Sedangkan untuk per kapita, berturut-turut setelah AS dan China adalah Inggris, Jerman serta Belanda.


Dikutip detikINET dari South China Morning Post, Chongqing di China adalah kota yang paling tinggi konsentrasi kamera CCTV-nya di seluruh dunia.

Di sana, seperti halnya di area lain, CCTV dipakai untuk mengawasi arus lalu lintas, mencegah pencurian di restoran atau supermarket sampai memonitor keamanan warga di mall ataupun di area publik lainnya.

China memang getol memanfaatkan kamera CCTV atau jenis lainnya untuk pengawasan. Biro riset IHS Markit telah memprediksi bahwa tahun depan, bakal beroperasi 600 juta kamera yang digunakan untuk pengawasan dan tujuan lainnya.

Beberapa perusahaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) di China malah mengembangkan kamera CCTV yang lebih canggih. Misalnya dapat melakukan scan dan mengenali wajah secara akurat.



Simak Video "Rekaman CCTV Begal Todongkan Parang ke Anak Kos di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)