Selasa, 12 Nov 2019 17:01 WIB

Duh, YouTube Bisa Hapus Akun yang Tak Hasilkan Uang

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: Sean Gallup/Getty Images Ilustrasi. Foto: Sean Gallup/Getty Images
Jakarta - YouTube baru saja menerbitkan aturan baru yang cukup mengejutkan. Raksasa berbagi video milik Google ini bisa menghapus akun atau chanel yang tidak menghasilkan cukup uang.

Dikutip detikINET dari Independent, terindikasi bahwa akun tidak populer atau tidak bagus secara komersial bisa dilenyapkan dari YouTube, tentu termasuk videonya. Tentu ini menimbulkan ketakutan pada user yang channelnya biasa saja atau memang hanya untuk menyimpan video.

"YouTube mungkin mengakhiri akses Anda, atau akses akun Google Anda ke semua atau sebagian layanan jika YouTube yakin, dalam kebijakannya, bahwa layanan pada Anda tidak lagi bisa komersial," demikian kurang lebih bunyi aturan baru tersebut.


Kebijakan ini diprotes beberapa netizen di media sosial yang mencemaskan YouTube bisa lebih mudah menghapus sebuah akun. YouTube dianggap pula lebih mendukung kreator konten besar.

"Hal ini pada dasarnya mengatakan apabila chanel tidak menghasilkan uang, YouTube kemungkinan akan menghapus mereka," tulis seorang netizen.

Aturan baru itu mulai berlaku pada 10 Desember mendatang. Mereka juga telah mengirimkan notifikasi pada para user mengenai kebijakan anyar tersebut. Ketika dikonfirmasi, YouTube hanya berjanji tidak akan ada yang berubah di platformnya, tapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

"Kami membuat beberapa perubahan di Terms of Service dalam rangka membuatnya lebih mudah dibaca dan memastikannya update. Kami tidak mengubah cara kerja produk kami, bagaimana kami mengumpulkan data atau setting apapun," sebut YouTube.



Simak Video "Apa Perbedaan YouTube Music dengan Aplikasi Musik Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/jsn)