Kamis, 07 Nov 2019 09:38 WIB

Arab Saudi Mau Bikin Kota, Pembantunya Robot Bukan TKW

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rancangan Kota Neom di Arab Saudi (NEOM) Rancangan Kota Neom di Arab Saudi (NEOM)
Jakarta - Banyak buruh migran Indonesia kerja di Arab Saudi. Tapi di masa depan, Saudi mau punya kota yang pembantunya robot.

Selamat datang di Neom, kota masa depan Arab Saudi super canggih yang akan segera diwujudkan jadi nyata. Kepanjangannya adalah Neo Mustaqbal atau New Future. Ini adalah mega proyek ambisius Saudi untuk beralih dari negara minyak, ke negara penuh teknologi di masa depan.


Di bawah komando Pangeran Mahkota Mohammad Bin Salman, proyek ini nilainya USD 500 miliar (Rp 6.999,9 triliun). Gila banget sih ini jumlahnya. Neom mulai digembar-gemborkan sesuai visi baru negara Arab Saudi 2030. Neom ditargetkan selesai tahun 2025, namun tahap satunya akan selesai 2020.

Arab Saudi Mau Bikin Kota, Pembantunya Robot Bukan TKWLokasi untuk Kota Neom di tepi Laut Merah, Arab Saudi (dok NEOM)

Dari situs resmi Neom yang dilihat detikInet, Rabu (6/11/2019) NEOM akan dibangun di Barat Laut Arab Saudi berbatasan dengan Mesir dan Yordania. Kota pinggir laut ini luasnya 26.500 km 2 atau 35 kali ukuran Singapura.

Yang digembar-gemborkan adalah, ini akan jadi kota paling canggih di dunia. Kecanggihannya meliputi energi terbarukan, teknologi air paling canggih di padang pasir, bioteknologi, manufaktur, media, teknologi digital, makanan, wisata, olahraga, pendidikan, kesehatan, hiburan dan budaya, serta jasa.

Selanjutnya
Halaman
1 2