Sabtu, 26 Okt 2019 19:52 WIB

Sekolah Programing Alamanda Shantika Ekspor Talenta ke Singapura

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta - Selain di Yogyakarta dan BSD, Binar Academy punya cabang di Batam. Sejumlah lulusan sudah dicetak dan jadi rebutan perusahaan di Singapura.

Demikian diungkap CEO dan Founder Binar Academy Alamanda Shantika Santoso. Dikatakannya, seperti di Indonesia, Singapura pun mengalami kesulitan mencari tenaga kerja di bidang programing. Dan kebetulan skill yang dimiliki lulusan Binar sesuai yang mereka cari.


"Jadi kami mem-produce orangnya, setelah lulus di-connect ke perusahaan Singapura. Jadi anak-anak lulus kerja langsung ke Singapura," kata Ala.

Mantan emaknya programmer Gojek ini bukannya tak mau menyalurkan anak didiknya ke Tanah Air. Masalahnya banyak perusahaan di Indonesia kerap mensyaratkan orang yang direkrut harus lulusan S1.

"Karena mau masukin ke BUMN harus S1 jadi kami ekspor dulu ke Singapura. Lulusan Binar kebanyakan SMK dan SMA, kemampuan mereka tidak kalah. Justru Justru anak-anak yang tidak punya kesempatan kuliah mereka belajarnya semangat," ujar Ala.

"Kami ingin membangunin dulu. Biar orang lihat anak-anak kita diambil sama Singapura, kok Indonesia sendiri nggak mau ngambil," tambahnya.

Alamanda ShantikaAlamanda Shantika Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET


Program Baru

Ala menuturkan saat ini Binar tengah menggarap program white labelling, yakni program akademi yang sepenuhnya peserta dibiayai suatu perusahaan dengan tujuan salah satunya perekrutan.

"Kalau ngambil lulusan Binar kan rebutan. Jadi perusahaan bikin akademi sendiri untuk merekrut langsung," jelas perempuan kelahiran Jakarta itu.

Ala menyebut salah satu perusahaan yang berkolaborasi adalah BPJS Ketenagakerjaan. Para anggota BPJS Ketenagakerjaan yang sudah tidak bekerja dua tahun dididik di Binar supaya bisa masuk kerja lagi.


"Kebanyakan mereka pekerjaannya yang sudah automate, seperti teller dan lainnya. Nah kalau mereka lulus, kemudian masuk kerja lagi pada akhirnya mereka bayar BPJS lagikan," terangnya.

Aka turut mengungkap saat ini Binar tengah menyiapkan sesuatu yang baru. Sayangnya dia masih merahasiakan program apa yang tengah disiapkan.

"Nanti aja, November kami piloting, launchingnya Januari," pungkasnya.
Halaman
1 Tampilkan Semua


Simak Video "Tekan Pengeluaran Mitra Driver, Gojek Luncurkan Pojok Swadaya"
[Gambas:Video 20detik]

(afr/afr)