Kamis, 24 Okt 2019 09:20 WIB

Lewat GoFood, Cari Kuliner Khas Saat Traveling Makin Praktis & Mudah

Akfa Nasrulhak - detikInet
Foto: Gojek Foto: Gojek
Jakarta - GoFood telah sukses mempertemukan konsumen dengan ribuan restoran dan pengusaha kuliner Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM). GoFood kini bukan hanya berkembang lebih dari sekadar layanan pesan-antar makanan, tapi juga menjadi katalog kuliner lengkap bagi konsumen dengan 400.000 mitra merchant di Asia Tenggara.

"Potensi pertumbuhan ini akan terus dimanfaatkan GoFood untuk terus menghadirkan layanan yang bisa menjadi pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di saat yang bersamaan, kami akan terus memperkuat ekosistem teknologi agar bisa mengajak lebih banyak mitra merchant untuk tumbuh bersama GoFood," kata VP Regional Gojek Indonesia Bagian Timur, Anandita Danaatmadja, dalam keterangan tertulis, Kamis (24/10/2019).


Dalam kegiatan Pelesiran Bareng Gojek di Makassar itu, Anandita menilai layanan GoFood tidak hanya membantu masyarakat dan UMKM saja, wisatawan juga mengandalkan layanan ini sebagai katalog merchant terlengkap untuk mencari kuliner khas di suatu daerah. Salah satunya Travel Writer Naked Traveler, Trinity Traveler yang merasa terbantu dengan adanya layanan GoFood, terutama saat membutuhkan rekomendasi kuliner.

"Setiap saya berkunjung ke suatu wilayah saya selalu ingin merasakan kedekatan dengan tempat saya berada, baik budaya, adat istiadat bahkan sampai dengan sajian lokalnya. Selain melalui rekomendasi masyarakat lokal, saya membuka layanan GoFood di aplikasi Gojek. Dalam platform tersebut saya dapat melihat banyak pilihan kuliner lezat lokal yang ditampilkan," kata Trinity.

Trinity juga merasa terbantu untuk mendapatkan rekomendasi kuliner yang dianggap memiliki reputasi dan rating yang tinggi. Hal itu karena terdapat penilaian terkait layanan maupun makanan di setiap merchant GoFood.

"Selain membantu saya dalam mendapatkan rekomendasi kuliner lokal yang saya inginkan, saya juga terbantukan dengan dengan informasi penilaian dan juga lokasi kuliner itu berada. Kadang saya juga ingin menikmati makanan dan merasakan suasananya secara langsung," ujarnya.

Sementara bagi merchant, lewat GoFood, Gojek membantu merchant dengan memberikan akses terhadap pasar yang luas melalui aplikasi Gojek dan juga membantu meningkatkan bisnisnya melalui aplikasi GoBiz. Merchant GoFood dapat mengatur operasional bisnis mereka seperti mengetahui dari detail transaksi sehari-hari mereka, menu yang paling laris hingga melakukan promo secara independen melalui GoBiz.

Seperti diungkapkan Pemilik Nasi Kuning Riburane, Hajah Istiah yang mengaku telah merasakan manfaat setelah bergabung dengan GoFood. Ibu dari sembilan anak ini mengalami adanya kenaikan pendapatan hingga 40% setelah bergabung menjadi mitra GoFood.


"Meskipun baru bergabung dengan GoFood sejak tahun lalu, tetapi saya benar-benar merasakan manfaatnya. Saya merasakan kenaikan pendapatan yang signifikan hingga 40% dari biasanya. Sekarang saya bisa menjual sampai 300 porsi per harinya melalui penjualan online," ucap Hajah.

Nasi Kuning Riburane sudah berdiri sejak 1980dan merupakan satu-satunya gerai yang Ibu Istiah miliki. Nasi Kuning Riburane ini telah menjadi pilihan menu sarapan favorit di Makassar.

Simak Video "Gojek Perangi Sampah Plastik, KLHK: Semoga Bisa Menginspirasi yang Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)