Bergaji Rp 30 Juta, YouTuber Ini Tetap Jadi Tukang Servis TV - Halaman 3

ADVERTISEMENT

Bergaji Rp 30 Juta, YouTuber Ini Tetap Jadi Tukang Servis TV

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 21 Okt 2019 08:51 WIB
Bergaji Rp 30 Juta, YouTuber Ini Tetap Jadi Tukang Servis TV
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Berkat video-videonya, Duwi berhasil meraih pendapatan yang tidak sedikit dari YouTube. Rata-rata tiap bulannya dia berhasil mengantongi Rp 30 juta. Itu belum termasuk sponsor-sponsor yang memintanya dibuatkan video.

Tentu angka tersebut tidak dibilang sedikit. Pun begitu pria berdarah Bali ini pilih tetap menjadi tukang service perangkat elektronik.

Ditanya kenapa, Duwi pun merasa memang jiwanya di sana. Dia ingin keahlian yang dimiliki dapat 'menyehatkan' kembali perangkat elektronik yang kerap di tempat lain sudah divonis tidak bisa diperbaiki.

Sementara video-video yang dibuatnya bukan untuk mencari uang semata. Lebih dijadikan sebagai perpanjangan tangannya agar dapat membantu orang lain memperbaiki perangkat rusaknya sendiri.

"Dulu juga saya bingung punya TV rusak bagaimana cara memperbaikinya. Saya cari reverensi kebanyakan dari luar dan pakai bahasa Inggris. Saya rasa banyak orang mengalami hal yang sama. Akhirnya saya coba buat versi sendiri menggunakan bahasa Indonesia," jelasnya.

Dan setiap memperbaiki segala perangkat eletronik dan menemukan kerusakan baru, Duwi mengaku senang bukan kepalang. Sebab dia merasa mendapatkan ilmu baru.
Rasa senangnya pun kian membuncah ketika tahu orang lain merasakan manfaat dari apa yang dikerjakannya.

"Tadi ada orang nyamperin bilang terima kasih karena video saya membantu tugas kuliahnya, nah itu senang sekali. Ada yang dari Malaysia bilang teknik saya berhasil dipakai untuk memperbaiki barangnya meski dia tidak punya keahlian teknis, itu bikin senang melebihi apapun," kata Duwi.

Kembali ke pundi-pundi yang didapatnya, semau itu digunakan untuk bantu mengembangkan eksperimennya.

"Dana yang saya dapat bikin makin banyak eksperimen yang bisa lakukan ke depannya. Ketika muncul ide baru tidak berat eksekusinya. Saya bisa share lagi, jadikan eksperimennya bisa jalan terus," ujarnya.

Artikel Selanjutnya: Nyaris Ditangkap Polisi Karena Motor Listrik



(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT